Macet di Malalak hingga 4 Jam, Andre Rosiade Telpon Dirjen Bina Marga hingga Kepala BPJN Sumbar

Tolong bantu jalan Malalak, karena itu jalan provinsi, bantu tambal sulam sedikit, agar macetnya tak panjang lagi, saya tak ada kepentingan, saya tak ikut Pilkada Sumbar, soal teknis bicarakanlah dengan pihak provinsi.

Anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Tim AR)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Sumatera Barat (Sumbar), H Andre Rosiade meneruskan laporan masyarakat yang masuk kepada dirinya terkait kerusakan jalan di Malalak yang jadi jalur alternatif pasca jalan Lembah Anai rusak dan sedang diperbaiki.

Laporan masyarakat itu diteruskan Andre Rosiade dengan cara menghubungi Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, Rachman Arief Dienaputra hingga Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar, Thabrani.

“Jalan Lembah Anai sudah putus beberapa bulan ini, kata pak Hedy Rahadian (eks Dirjen Binamarga) Juli 2024 selesai (perbaikannya),” kata Anggota Komisi VI DPR RI itu kepada Rachman Arief Dienaputra via sambungan seluler, Selasa (25/6/2024) siang.

Sejak putusnya jalan Lembah Anai akibat banjir bandang lahar dingin Marapi, kata Andre Rosiade, jalur Malalak telah menjadi salah satu ruas alternatif masyarakat yang bepergian dari arah Padang ke Bukittinggi ataupun sebaliknya.

“Masyarakat mengatakan, jalannya banyak berlubang dan merata, sehingga menimbulkan kemacetan mencapai 4 hingga 5 jam,” katanya.

Untuk itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar itu meminta Dirjen Bina Marga untuk meminta kepada Kepala BPJN untuk melakukan tambal sulam terhadap jalan berlubang dan berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar mengingat status jalan Malalak berada di bawah kewenangan provinsi.

Pemprov Sumbar butuh bantuan, APBD Sumbar itu hanya Rp6,7 triliun, 4,5 triliun habis untuk belanja rutin, sehingga butuh dukungan dari pusat,” kata mertua pesepakbola nasional, Pratama Arhan tersebut.

Tidak hanya menghubungi Dirjen Bina Marga, H Andre Rosiade juga langsung meminta Kepala BPJN Sumbar, Thabrani untuk segera berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar terkait permasalahan teknis untuk perbaikan jalan Malalak.

“Tolong bantu jalan Malalak, karena itu jalan provinsi, bantu tambal sulam sedikit, agar macetnya tak panjang lagi, saya tak ada kepentingan, saya tak ikut Pilkada Sumbar, soal teknis bicarakanlah dengan pihak provinsi,” kata Anggota Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra tersebut.

Menanggapi laporan dari H Andre Rosiade, baik Dirjen Bina Marga maupun Kepala BPJN Sumbar mengaku segera melakukan langkah konkret memperbaiki jalan Malalak yang rusak.

“Laporan masyarakat ke Pak Andre Rosiade segera kami tindaklanjuti, bagaimana safe-nya, karena sejak jalan Lembah Anai rusak, jalur Malalak menjadi salah satu ruas alternatif,” tutur Rachman Arief Dienaputra. (rdr)

Exit mobile version