Sekjend IKM Nefri Hendri Buka Muswil DPW IKM Kaltim, Sudirman Terpilih jadi Ketua

Sekjend IKM Nefri Hendri Buka Muswil DPW IKM Kaltim, Sudirman Terpilih jadi Ketua

KALTIM, RADARSUMBAR.COM-Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) Nefri Hendri membuka secara langsung acara Muswil DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Puri Senyiur, Kota Samarinda pada hari Sabtu (5/10/2024).

Nefri Hendri datang langsung dari Jakarta ke Kalimantan Timur untuk menghadiri Muswil sekaligus membuka secara resmi acara tersebut. Nefri Hendri menjelaskan organisasi IKM ini sudah hadir di Indonesia, ada dari Aceh sampai Papua bahkan sampai ke luar negeri. Organisasi paling tua yang terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia.

“IKM merupakan organisasi sosial berbasiskan kekeluargaan dan kemasyarakatan yang mempunyai susunan kepengurusan DPP ditingkat Pusat, DPW ditingkat Provinsi, DPD ditingkat Kabupaten/Kota, DPC ditingkat Kecamatan, dan ranting ditingkat Kelurahan/Desa,” katanya.

Menurutnya, kegiatan IKM yang berbasiskan sosial di antaranya yaitu memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Minang yang kurang mampu di perantauan. Memberikan bantuan bencana kepada masyarakat Sumatra Barat yang sedang ditimpa musibah, memberikan bantuan dana pendidikan bagi anak-anak yang berprestasi. Dan masih banyak lagi kegiatan organisasi IKM di Indonesia yang kami terima setiap harinya di Whatsapp Grup IKM yang dikirim oleh pengurus IKM se-Indonesia.

“Dan juga setaip bulannya, pengurus IKM se-Indonesia membuat laporan kegiatan tertulis dan dikirim ke Jakarta atau ke DPP IKM dalam rangka untuk mengetahui program kerja IKM di daerah sesuai rencana, terukur, dan tepat sasaran. Sehingga organisasi IKM ini sangat diharapkan sekali oleh masyarakat dimanapun berada,” katanya.

Katanya, Muswil merupakan forum tertinggi dari suatu organisasi di tingkat Provinsi yang dilaksanakan untuk memilih Ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) IKM yang nantinya diharapkan bisa menjalankan amanah organisasi untuk periode lima tahun kedepan. “Musyawarah Wilayah Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan suatu proses mekanisme demokrasi yang berjalan dalam suatu organisasi dan bisa untuk menjadi contoh bagi DPW IKM lainnya,” katanya.

Nefri Hendri mengimbau untuk acara ini agar dapat digunakan sebaik-baiknya dalam bermusyawarah dan bermufakat mencari tokoh-tokoh Minang yang dapat mengayomi masyarakat perantau Minang dan dapat menjaga marwah perantau Minang serta sesuai harapan mayarakat yang dipimpinnya.

Acara Muswil diawali dengan pembukaan lalu pengesahan tata tertib sidang, laporan pertanggungjawaban pengurus yang lama, pandangan dari pengurus DPD IKM se-Kalimantan Timur, penyampaian visi misi dari calon Ketua untuk lima tahun ke depan dan acara inti yaitu pemilihan Ketua DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan melalui sistem voting.

“Tokoh masyarakat Minang yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, Ketua DPD IKM se-Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan pemilik suara untuk pemilihan Ketua DPW IKM dan juga perwakilan pengurus DPD IKM se-Provinsi Kalimantan Timur sebagai peninjau turut hadir dalam acara Muswil ini,” katanya.

Nefri Hendri mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang sudah mempersiapkan acara ini sehingga acara berjalan dengan sukses dan luar biasa. Selamat dan sukses juga beliau ucapkan kepada Ketua DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur periode 2024-2029 yang terpilih dari hasil Muswil ini yaitu Bapak H. Sudirman.

“Semoga Ketua terpilih cepat menyusun kepengurusan DPW IKM Provinsi Kalimantan Timur agar cepat kita lantik kepengurusannya dalam waktu dekat. Setelah dilantik supaya cepat menjalankan roda organisasi sebaik-baiknya dan bisa membuat program kerja yang langsung menyentuh masyarakat perantau Minang,” ungkapnya.

Sesuai dengan pepatah mengatakan “Dima Bumi Dipijak, Disinan Langik Dijunjuang” artinya IKM selalu menyatu dengan masyarakat setempat. Semoga keberadaan IKM semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Minang yang ada di rantau maupun masyarakat setempat yang ada di daerah IKM itu sendiri.
“Dan semoga IKM di Provinsi Kalimantan Timur semakin kompak pengurus maupun anggotanya, semakin berjaya, dan dapat mengembangkan organisasi IKM sampai ke pelosok Kalimantan Timur,” katanya.

Ketua Panitia Muswil DPW IKM Kaltim Delvina Tri Agustin, menjelaskan, dalam Muswil ada tiga kandidat yang terjaring. Di antaranya dari tokoh Minang  di Sangatta Dr Hendra Putra, demisioner H Sudirman dan Plt HM Datuak BM Dirajo. Muswil berjalan sesuai ketentuan Aturan Dasar Aturan Rumah Tangga (ADART) yakni, berjalan dengan  tiga sidang pleno. Lalu pada sidang pleno setelah penyampaian visi misi, masing-masing kandidat diberi kesempatan untuk bermusyawarah. Tapi, ketiganya  sepakat untuk dilakukan proses voting.

“Akhirnya voting dan terkumpul sebanyak 67 persen peserta muswil memilih Pak H Sudirman, sebagai ketua terpilih DPW IKM Kaltim. Total, terdapat 21 pemilik suara yang merupakan pengurus DPD, di mana 14 di antaranya memilih H Sudirman, yang dinyatakan sebagai ketua terpilih,” katanya. (*)

Exit mobile version