Ini Data Operasi Basarnas sepanjang 2022 di Sumbar

Ilustrasi Basarnas dan tim gabungan melakukan pencarian. (Foto: radarsumbar.com/Basarnas)

Ilustrasi Basarnas dan tim gabungan melakukan pencarian. (Foto: radarsumbar.com/Basarnas)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sepanjang tahun 2022, Basarnas telah melakukan berbagai macam rangkaian operasi kemanusiaan di 18 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik menjelaskan, selama tahun 2022, pihaknya menggelar 51 kali operasi pencarian dan pertolongan. “Operasi didominasi kecelakaan dengan kondisi membahayakan manusia dan kecelakaan bencana,” katanya, Jumat (6/1/2023).

Meski demikian, katanya, dari data operasi SAR 2022, angka kecelakaan pesawat dengan sejumlah korban tidak ada alias nihil. “Namun terdapat tujuh kali kecelakaan kapal dengan 11 orang selamat, tiga meninggal dan tiga dinyatakan hilang,” ungkapnya.

Kemudian, kecelakaan kondisi membahayakan manusia sebanyak 36 kali dengan korban selamat 11 orang, meninggal 33 orang dan hilang sembilan orang.

Kecelakaan bencana empat kali. Rinciannya, korban selamat 39 orang, meninggal 16 orang dan hilang empat orang. Terakhir, kecelakaan dengan penanganan khusus, empat kali dengan korban selamat lima orang dan meninggal empat orang. (rdr-008)

Exit mobile version