Waspada! Sumbar Terancam Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Potensi hujan diprediksi terjadi di sepanjang pesisir Barat Sumatera, termasuk Sumbar.

Ilustrasi cuaca ekstrem. (net)

Ilustrasi cuaca ekstrem. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hingga tiga hari ke depan, sejumlah wilayah di Sumatera Barat (Sumbar) terancam cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang dan petir.

Kepala Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Sakimin mengatakan, potensi hujan deras terjadi hingga tiga hari ke depan atau hingga Minggu (8/1/2023).

“Terdapat daerah pertemuan dan perlambatan angin yang memanjang dari Sumbar hingga Sumatera Selatan (Sumsel) berdasarkan analisis dinamika atmosfer,” kata Sakimin, Sabtu (7/1/2023).

Sakimin mengatakan, potensi hujan diprediksi terjadi di sepanjang pesisir Barat Sumatera, termasuk Sumbar.

Daerah dengan potensi hujan sedang hingga deras yang menimbulkan dampak yakni berada di Kabupaten Agam, Pasaman Barat (Pasbar) dan Pesisir Selatan (Pessel) dengan status Siaga.

Sementara, tiga daerah dengan status waspada, yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Adapun daerah dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang disertai petir atau kilat dan angin kencang di antaranya Kabupaten Pasaman, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Dharmasraya, Solok dan Kota Padang.

“Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang dalam tiga hari ke depan,” tutupnya.

Sebelumnya, potensi hujan deras pun diprediksi BMKG terjadi pada Sabtu siang hingga malam hari di Kota Padang. (rdr-008)

Exit mobile version