BMKG Ingatkan Sejumlah Daerah di Sumbar Waspada Hujan Mendadak, Ini Prakiraan Cuaca 3 Hari ke Depan

Ilustrasi hujan. (Foto: Istimewa)

Ilustrasi hujan. (Foto: Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Masyarakat diimbau tetap memperhatikan kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini, bahkan tiba-tiba hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca mulai Selasa hingga Kamis (17-19/1/2023) di Sumatera Barat (Sumbar).

Berikut prakiraan cuaca Sumbar selama tiga hari ke depan:

1. Tanggal 17 Januari 2023

Pagi: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai.

Siang – Sore: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan sedang hingga deras di Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat (Pasbar), Pasaman, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pesisir Selatan (Pessel), Padang Panjang, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sijunjung, Dharmasraya. Potensi hujan ringan hingga sedang di Solok dan Sawahlunto.

Malam: Berawan. Potensi hujan sedang hingga deras di wilayah Kepulauan Mentawai, Pariaman, Padang Pariaman, Padang Panjang, Padang, Pessel, dan Solok Selatan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Pasbar, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Tanah Datar, Solok, Sawahlunto, dan Sijunjung.

Dini hari: Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, dan Pesisir Selatan (Pessel).

Suhu: 16 hingga 31 derajat celcius
Kelembaban udara: 70 hingga 98 persen
Sumber angin: Dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 25 kilometer per jam.

Peringatan dini: Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga deras dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang hingga sore di Kepulauan Mentawai, Pasbar, Pasaman, Agam, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pessel, Padang Panjang, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya. Pada malam hari di Kepulauan Mentawai, Pariaman, Padang Pariaman, Padang Panjang, Padang, Pessel, Solok Selatan (Solsel), dan sekitarnya.

2. Tanggal 18 Januari 2023

Pagi: Cerah berawan-Berawan.

Siang-Sore : Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga deras di Agam, Pessel, dan Solsel. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Padang Panjang, Solok, Kabupaten Solok, dan Sijunjung.

Malam: Berawan-Hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga deras di Pasbar, Agam, Padang Pariaman, Padang, Sawahlunto, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Dini hari: Berawan-Hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga deras di Kabupaten Solok, Sijunjung dan Dharmasraya.

Suhu: 16 hingga 31 derajat celcius
Kelembaban udara : 65 hingga 98 persen
Sumber angin: Dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 25 kilometer per jam.

Peringatan dini: Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada sore hingga malam hari di Pasbar, Agam, Padang Pariaman, Padang, Pessel, Solsel, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya. Pada dini hari di Kabulaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya.

3. Tanggal 19 Januari 2023

Pagi: Berawan.

Siang-Sore: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan sedang hingga deras di Kepulauan Mentawai, Pasbar, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Pessel, Pariaman, Padang Pariaman, Tanah Datar, dan Solsel. Potensi hujan ringan hingga sedang di Limapuluh Kota, Payakumbuh, Padang Panjang, Padang, Solok, Kabupaten Solok, Sawahlunto, dan Dharmasraya.

Malam: Berawan-Hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga deras di Kepulauan Mentawai, Pasbar Pariaman, Padang Pariaman, Padang, dan Pessel.

Dini hari: Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai, Bukittinggi, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Pariaman, Padang, Pessel, Sawahlunto, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Suhu: 16 hingga 31 derajat celcius
Kelembaban udara : 65 hingga 98 persen
Sumber Angin : Dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 25 kilometer per jam.

Peringatan Dini : Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga disertai petir atau kilat pada siang, sore, hingga malam hari di Kepulauan Mentawai, Pasbar, Pasaman, Agam, Bukittinggi, Pessel, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Tanah Datar, Solsel dan sekitarnya. (rdr-008)

Exit mobile version