Ditlantas Polda Sumbar Keluarkan 360 Tilang Manual Sepanjang Januari 2023

Kepolisian telah mengkaji, dimana kalau tidak mempunyai plat nomor kendaraan itu sulit diidentifikasi oleh tilang manual.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya memperlihatkan kendaraan roda dua yang kena tilang manual karena tidak memakai plat kendaraan dan memakai knalpot racing. (Dok. Ditlantas Polda Sumbar)

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya memperlihatkan kendaraan roda dua yang kena tilang manual karena tidak memakai plat kendaraan dan memakai knalpot racing. (Dok. Ditlantas Polda Sumbar)

PADANG, RADARSUMBA.COM – Tilang manual diberlakukan di Sumbar, karena tilang ETLE belum bisa sepenuhnya untuk memberikan efek jera bagi para pengendara yang melanggar peraturan.

Terbukti selama Januari 2023 Ditlantas Polda Sumbar melakukan tilang terhadap 360 pengendara sepeda motor yang kedapatan tidak mengunakan pelat nomor kendaraan.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan kepada Radarsumbar.com, Selasa (24/1/2023) mengatakan, melalui tilang pihaknya menilang sebanyak 360 kendaraan roda dua yang tidak memakai plat nomor dan knalpot racing.

“Kepolisian telah mengkaji, dimana kalau tidak mempunyai plat nomor kendaraan itu sulit diidentifikasi oleh tilang manual. Sehingga, tanpa plat nomor kendaraan ini kesulitan kami mengidentifikasi kendaraan tersebut,” ujarnya.

“Apabila kami menggunakan tilang ETLE tidak dapat datanya. Oleh karena itu, solusi satu-satunya melakukan penindakan dengan tilang manual,” sambungnya.

Hilman menegaskan selama ini pihaknya tidak pernah menghapus penilangan manual. Terdapat pelanggaran prioritas yang mesti dilakukan tilang.

“Seperti contoh kendaraan yang meresahkan masyarakat, tanpa pelat nomor, balap liar, knalpot bodong, itu kami lakukan penilangan manual,” tegasnya.

Di beberapa daerah, kata Hilman, juga sudah mulai melaksanakan tilang manual, apalagi yang menyangkut dengan pelanggaran yang fatal mengakibatkan kecelakaan.

“Pelanggaran yang menimbulkan kecelakaan. Seperti kemarin anak di bawah umur meninggal dalam satu kejadian. Ibu-ibu korban tabrak lari, dari kendaraan itu kita bisa cari tahu (penabrak) dari pelat nomor,” kata dia. (rdr-007)

Exit mobile version