Basarnas Segera Tambah Pos SAR Baru di Sumbar, Ini Lokasinya

Saat ini, kami memiliki tiga pos di tiga daerah, yakni Limapuluh Kota, Pasaman dan Solok Selatan (Solsel)

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Basarnas segera membangun pos atau cabang dari kantor pusat di daerah guna mempersingkat jarak ke lokasi kejadian atau bencana alam.

Pos baru yang segera dibangun itu berada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik.

“Saat ini, kami memiliki tiga pos di tiga daerah, yakni Limapuluh Kota, Pasaman dan Solok Selatan (Solsel),” katanya, Selasa (28/2/2023).

Pada usia yang sudah menginjak ke-51 tahun, Abdul mengatakan evaluasi yang dilakukan pihaknya adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), skill dan keterampilan serta sarana prasarana untuk mencakup seluruh kecelakaan pelayaran, penerbangan serta penangangan khusus di bencana Sumbar.

“Agar kami bisa melayani masyarakat sesuai dengan amanat Presiden RI, yakni memasyarakatkan SAR di tanah Sumbar ini,” ucapnya.

Untuk SDM, Abdul tidak menampik bahwa jumlah personel Basarnas di wilayah kerja Kantor SAR Padang masih kurang, di mana hanya berjumlah 105 orang.

“Ini kemungkinan masih membutuhkan banyak SDM lebih kurang 300 (personel) lagi. Harapannya, kegiatan pencarian dan pertolongan ini dapat kami respons dengan baik dan kenyamanan masyarakat di Sumbar dan yang datang dapat terjamin,” katanya.

Selain itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana yang suatu saat mengancam masyarakat.

“Imbauan kami, dengan zona rawan, dari imbauan BMKG ataupun BPBD, kemampuan masyarakat mampu untuk evakuasi mandiri,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version