Simak! Ini Prediksi Harga Tiket Bus ke Sumbar Jelang dan Saat Lebaran

Pilihan menggunakan bus selain sebagai alternatif, juga demi menghemat biaya, banyak di antaranya yang ingin menikmati perjalanan darat.

Bus AKAP ANS. (Foto: Dok. Istimewa)

Bus AKAP ANS. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Momentum Lebaran atau Idul Fitri 1444 Hijriah diprediksi dimanfaatkan oleh sejumlah orang, terutama perantau untuk kembali ke kampung halamannya.

Selain pulang menggunakan kendaraan pribadi dan pesawat, tak sedikit pula perantau yang menggunakan moda transportasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pilihan menggunakan bus selain sebagai alternatif, juga demi menghemat biaya, banyak di antaranya yang ingin menikmati perjalanan darat.

Salah satu Perusahaan Otobus (PO) yang menyediakan layanan bus pada saat jelang lebaran hingga pasca Idul Fitri 1444 Hijriah yakni, PO Anas Nasional Sejahtera (ANS).

Saat ini, ANS memiliki 40 armada yang siap dioperasikan dan dalam keadaan prima jika sewaktu-waktu ketika terjadi lonjakan penumpang.

“Sejauh ini baru enam armada yang jalan,” kata Agen PO ANS di Padang, Arif Jamaludin, Kamis (30/3/2023) siang.

Arif menjelaskan, saat ini belum ada pergeseran jumlah penumpang maupun perubahan harga tiket. Kenaikan jumlah penumpang dirasakan pada H-10 menjelang lebaran.

“Harga tiket masih dibuka di angka Rp600 ribu mulai per tanggal 30 Maret-23 April 2023 untuk jurusan Padang-Jakarta,” katanya.

Setelah itu, sambungnya, harga tiket mengalami kenaikan menjadi Rp750 ribu untuk tipe Royal Class dan Rp800 rinu untuk kelas Executive.

“Untuk mengantisipasi lonjakan, kami kerahkan sembilan hingga 10 armada pada H-10 hingga H-1 lebaran.

Sementara untuk mengatasi lonjakan penumpang pada H-10 hingga H-1 lebaran, pihaknya juga telah mensiagakan sekitar 10 unit armada.

“Armada yang kami kerahkan tergantung kenaikan jumlah penumpang. Biasanya 9-10 unit kami kerahkan pada H-10 hingga H-1 lebaran,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version