Braditi Moulevey: IKM “Pulang Basamo 2023” Disambut Antusias Perantau Minang

Braditi Moulevey, Wasekjend DPP IKM

Braditi Moulevey, Wasekjend DPP IKM

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM-Tidak terasa kita saat ini telah berada di pertengahan bulan Ramadhan. Beberapa waktu lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444H. Sesuai tradisi di masyarakat Indonesia setiap menyambut lebaran, masyarakat Indonesia mempunyai tradisi mudik bareng menyambut lebaran. Atau dikenal dengan pulang ke kampung halaman merayakan lebaran bersama orang tua dan keluarga.

Begitu juga dengan masyarakat Minang, Sumatra Barat (Sumbar). Orang Minang ini dikenal dengan “merantau” jadi hampir setiap tahun selama Hari Raya Idul Fitri, warga Minang yang di rantau pulang ke kampung halaman mereka untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Apalagi kondisi pasca wabah Covid-19, banyak perantau minang yang selama wabah Covid 19 tidak bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Sehingga pada Lebaran kali ini diprediksi jumlah pemudik akan meningkat tajam.

Untuk itulah salah satu organisasi perantau minang yang dikenal dengan IKM (Ikatan Keluarga Minang) akan mengadakan acara mudik bareng gratis atau dikenal dengan “Pulang Basamo” Nasional 2023 Bersama IKM. Acara yang mengangkat tema “Bersilaturahim Dengan Keluarga di Ranah Minang”

Menurut ketua panitia “Pulang Basamo” DPP IKM Mel Syofan menyampaikan, acara ini diselenggarakan berkat dukungan yang sangat luar biasa dari Ketua Ketua DPP IKM Fadli Zon dan Ketua Harian  DPP IKM Andre Rosiade yang juga merupakan anggota DPR RI mewakili masyarakat Sumatra Barat.

“Alhamdulillah tahun ini DPP IKM bisa memberangkatkan totalnya 70 Bus menuju kampung halaman di Sumatra Barat. Ini adalah kegiatan perdana “Pulang Basamo” yang diadakan oleh DPP IKM, tentu masih banyak kekurangan dan kendala yang kami hadapi. Akan tetapi kami meminta doanya dari masyarakat minang dimanapun berada, agar acara “Pulang Basamo” ini bisa sukses dan lancar,” katanya.

Memang dengan keterbatasan jumlah armada pada saat ini, IKM hanya memasilitasi warga Minang khusus di daerah DKI Jakarta, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Bagi perantau Minang yang berdomisili di daerah tersebut bisa menghubungi masing-masing DPW maupun DPD IKM untuk mendaftar mengikuti acara “Pulang Basamo” DPP IKM 2023.

“Kami juga meminta maaf untuk daerah lain yang belum bisa kami bantu untuk acara “Pulang Basamo” mudah-mudahan jika acara ini sukses, tahun depan tentu kita akan usahakan untuk lebih banyak lagi daerah bisa ikut partisipasi di acara “Pulang Basamo,” ujar Mel.

Untuk teknis persiapan “Pulang Basamo”, katanya, IKM sudah merampungkan. Rencana pelepasan pemberangkatan akan dilepas secara simbolis oleh Ketua Umum DPP IKM, Fadli Zon, Bapak Andre Rosiade dan petinggi DPP IKM lainnya yang rencananya akan dilepas pada hari minggu, tanggal 16 April 2023 di halaman Gedung DPR/MPR RI di senayan.

“Selanjutnya kemungkinan akan ada pembagian keberangkatan selain di tanggal 16 yakni di tanggal 18 April 2023 yang akan dilepas sekitaran wilayah Monas, Jakarta Pusat,” katanya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Braditi Moulevey atau yang akrab dipanggil Bang Levi yang juga menjabat sebagai Wakil Sekjend DPP IKM dan Bacaleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra menyampaikan, bahwa sudah lebih dari 50% bus terisi semua termasuk juga bus yang dipersiapkan oleh “Dunsanak Bang Levi” bekerja sama Dengan DPP IKM hampir sudah terisi semua.

“Khusus bus “Dunsanak Bang Levi” itu berjumlah 5 bus yang saya persiapkan untuk warga minang yang berada di daerah pemilihan saya di Jakarta Timur, khususnya di kecamatan Duren Sawit, Jatinegara dan Kramat Jati dan juga telah menjadi anggota IKM,” katanya.

Bagi perantau Minang yang berdomisili di daerah tersebut bisa langsung mendaftar online di https://braditimoulevey.com/pulang-basamo/. “Insya Allah jika saya terpilih menjadi anggota DPRD DKI di 2024, saya akan berusaha untuk menambah lebih banyak lagi armada bus untuk pulang basamo bagi perantau minang khususnya di DKI Jakarta,” katanya. (rdr)

Exit mobile version