BPBD Sumbar Siap Bantu Kabupaten/Kota jika Terjadi Bencana saat Libur Lebaran

Personel BPBD Sumbar siaga untuk memberikan dukungan jika ada permintaan bantuan dari BPBD kabupaten dan kota

Alat berat ditempatkan di titik rawan untuk antisipasi bencana di Sumbar pada masa mudik Lebaran 2023 (ANTARA/Miko Elfisha)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan personel dan peralatan pendukung untuk mengantisipasi bencana pada masa mudik Lebaran 2023.

“Personel BPBD Sumbar siaga untuk memberikan dukungan jika ada permintaan bantuan dari BPBD kabupaten dan kota melalui Pusat Pengendalian Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB),” kata Plt Kalaksa BPBD Sumbar Arry Yuswandi di Padang, Minggu.

Selain itu, peralatan juga disiapkan di Pusdalops PB untuk memberikan dukungan ke kabupaten dan kota bila membutuhkan.

“Kami siapkan perahu fiber dua unit, perahu aluminium dua unit, ekskavator mini satu unit, alat urban rescue satu unit, alat vertical rescue satu unit, mobil dump truck satu unit, mobil serbaguna satu unit, mobil MCK dengan trailer satu unit,” ujarnya.

Personel dan peralatan tersebut siap diterjunkan ke lapangan jika terjadi bencana yang tidak bisa ditangani dengan cepat oleh kabupaten dan kota.

Arry mengatakan Gubernur Sumbar Mahyeldi sudah memerintahkan OPD terkait agar bisa memberikan respons cepat jika terjadi bencana. Penanganan harus bisa dilakukan secepatnya agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat, perantau, dan wisatawan yang berlibur ke Sumbar.

BPBD Sumbar, menurut Arry, juga sudah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota agar menyiapkan tim siaga bencana pada titik-titik rawan banjir, longsor, dan lokasi wisata yang diprediksi ramai dikunjungi oleh para perantau atau wisatawan.

“Koordinasi lintas OPD juga sudah dilakukan di antaranya dengan Dinas Kesehatan yang menyediakan masing-masing satu unit ambulans di posko pengamanan,” katanya.

Ia mengatakan informasi dari BMKG menyebutkan hujan di atas normal diprediksi bisa terjadi pada beberapa daerah seperti Kabupaten Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, Solok Selatan, Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang. (rdr/ant)

Exit mobile version