Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman dari Dirlantas Polda Sumbar

Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah kondisi kesehatan pengendara

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya. (Foto:Dok.Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Agar mudik tetap aman dan nyaman hingga selamat sampai di tujuan, Direktur Lalu Lintas Polda Sumatra Barat (Dirlantas Polda Sumbar) Kombes Pol Hilman Wijaya memberikan beberapa tips bagi pemudik.

“Hal pertama yang paling penting untuk diperhatikan adalah kondisi kesehatan pengendara. Sebelum melakukan perjalanan jauh, pengendara diimbau cukup tidur dan cukup makan. Ini penting agar pengemudi fokus berkendara dan terhindar dari potensi kecelakaan,” ujar Hilman, Selasa (18/4/2023).

Kedua sambung Hilman, cek kesiapan dan kelengkapan kendaraan. Yang paling penting bahan bakar harus mencukupi untuk menempuh jarak yang akan dilalui. Jangan sampai di tengah jalan kehabisan bensin.

“Pengendara juga perlu mengetahui medan jarak tempuh lokasi mudik yang dituju. Sebab, rata-rata masyarakat bakal berkendara cukup lama, karena lokasi kampung halaman yang terbilang jauh,” ungkapnya.

Ia mencontohkan, perjalanan dari Kota Padang mau ke Kabupaten Pasaman jika menggunakan motor akan menghabiskan waktu sekitar 5 jam. Usahakan berhenti sebanyak 2 kali untuk beristirahat.

“Kami mengimbau kepada para pemudik nantinya bisa memanfaatkan rest area yang ada untuk istirahat sejenak, sebelum kembali melakukan perjalanan. Kita sudah siapkan semuanya. Insya Allah kalau kita mempersiapkan diri dan kendaraan, kita akan selamat sampai tujuan. Utamanya yang paling penting itu, jangan lupa berdoa. Semoga mudik tahun ini bisa berjalan lancar,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version