Gelombang Kedua Evakuasi Mahasiswa Asal Sumbar dari Sudan Sampai di Padang

Pada evakuasi gelombang kedua, sepuluh orang mahasiswa asal Sumatera Barat pada gelombang ini sudah sampai di Padang dengan selamat pada hari Selasa (2/5/2023).

Evakuasi mahasiswa Indonesia dari Sudan gelombang kedua sampai di BIM. (Dok. Istimewa)

Evakuasi mahasiswa Indonesia dari Sudan gelombang kedua sampai di BIM. (Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dengan berbagai pihak terkait evakuasi mahasiswa Universitas Internasional Afrika (UIA) di Sudan sangat cepat.

“Pada evakuasi gelombang kedua, sepuluh orang mahasiswa asal Sumatera Barat pada gelombang ini sudah sampai di Padang dengan selamat pada hari Selasa (2/5/2023),” ujar Mulyadi Muslim, Ketua Tim Fasilitasi Timur Tengah.

Kedatangan mahasiswa ini kita disambut secara resmi oleh Al Amin, selaku Kepala Biro Kesra Provinsi Sumatera Barat. Dia menyampaikan bahwa pemerintah sangat peduli dengan warganya, baik yang di kampung ataupun di rantau ataupun luar negeri.

“Apalagi mahasiswa penuntut ilmu agama. Ketika kita mendapat informasi resmi tentang kondisi Sudan yang semakin mencekam dan membahayakan keselamatan jiwa, rencana evakuasi dari pemerintah pusat, maka kita atas arahan bapak Gubernur langsung berkoordinasi dengan berbagai pihak dan terutama Baznas,” tuturnya.

Hasil koordinasi yang baik inilah yang membuahkan hasil, para mahasiswa tersebut langsung ke Padang dari Jakarta dan bertemu segera dengan keluarga di kampung. Sehingga, kekhawatiran keluarga bisa hilang.

“Kita doakan konflik Sudan segera berakhir, sehingga mahasiswa kita yang rata-rata semester tujuh bisa segera kembali ke Sudan dan kuliah secara normal. Untuk sementara waktu, silakan istirahat dan recovery psikis dengan keluarga,” ujar Al Amin.

Evakuasi mahasiswa Indonesia dari Sudan gelombang kedua sampai di BIM. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Sebanyak empat orang mahasiswa asal Sumatera Barat sudah sampai di Padang dengan selamat pada Minggu (30/4/2023) siang.

Evakuasi mahasiswa Universitas Internasional Afrika-Sudan berlangsung cepat berkat koordinasi pemerintah Provinsi Sumbar dengan berbagai pihak.

Mulyadi menyebut, gelombang kedua evakuasi mahasiswa asal Sumbar direncanakan akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju BIM pada Selasa (2/5/2023) sebanyak 10 orang mahasiswa. (rdr)

Exit mobile version