Kemenkumham Puji Cara Lapas Padang Bina Narapidana

Tidak ada pungutan liar atau kebijakan yang diambil dan merugikan semua pihak

Inspektur Wilayah (Irwil) III Kemenkumham RI, Iwan Santoso. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memuji cara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA dalam membina Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana.

Hal tersebut disampaikan oleh Inspektur Wilayah (Irwil) III Kemenkumham RI, Iwan Santoso di Padang, Jumat (12/5/2023) siang.

“Program pembinaan WBP di sini bagus dan saya berharap Lapas (Kelas IIA Padang) ini bisa mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK),” katanya saat ditemui Radarsumbar.com.

Iwan mengatakan, untuk menuju status WBK, sebuah lembaga negara, termasuk Lapas Kelas IIA Padang harus bisa membenahi segala aspek, termasuk pelayanan.

“Tidak ada pungutan liar atau kebijakan yang diambil dan merugikan semua pihak,” katanya.

Pembinaan menjadi kunci dalam menuju kawasan WBK dan zona integritas. Komitmen itu dibutuhkan dari tingkat pimpinan sampai kalangan bawah.

“Pembangunan komitmen zona integritas itu harus dari atas sampai level bawah. Kenapa? Ketika salah satu tidak memenuhi komitmen itu, kami tidak bisa mengusulkan ke Tim Penilaian Nasional (TPN) zona WBK itu,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version