Simak! KAI Ubah Nama Lambung dan Jadwal Keberangkatan Kereta Api di Sumbar

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kereta Api Indonesia melakukan revisi atau perubahan nama lambung dan jadwal perjalanan kereta api di Sumatera Barat (Sumbar).

Perubahan itu dilakukan untuk menggantikan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang sebelumnya digunakan oleh KAI.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2023 adalah perpanjangan relasi perjalanan KA.

“Terdapat perpanjangan relasi perjalanan KA Lokal yang biasanya hanya sampai Stasiun Padang, di Gapeka 2023 relasinya ditambah sampai Stasiun Pauh Lima” kata Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Sofan Hidayah via keterangan tertulis, Rabu (24/5/2023) siang.

Sofan menjelaskan, KA yang mengalami perubahan relasi perjalanan adalah KA Sibinuang relasi Naras-Padang menjadi Naras-Pauh Lima.

Selain itu, KAI juga melakukan perubahan nama dari KA Sibinuang menjadi Pariaman Ekspres serta pemberhentian di Shalter Pasar Usang dan Shalter Cimparuah.

KA Sibinuang yang semula berangkat dari Stasiun Padang pukul 05.45 WIB, mulai 1 Juni berubah keberangkatannya menjadi pukul 05.40 WIB.

Masyarakat dapat membeli tiket KA lokal untuk keberangkatan kereta api mulai H-7.

“Sehingga untuk keberangkatan per 1 Juni 2023 sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, ataupun seluruh kanal penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI dan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta di semua loket yang kami sediakan,” tuturnya. (rdr-008) 

Exit mobile version