Jumlah Pemotongan Hewan Kurban di Sumbar Tahun Ini Diprediksi Meningkat

Sapi kurban Presiden Joko Widodo di Sumbar 2022. (ANTARA/Dinas Peternakan Sumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan jumlah hewan kurban di daerah itu menjelang Idul Adha 1444 Hijriah/2023 meningkat sekitar 10 persen dibandingkan tahun 2022.

“Data pemotongan hewan kurban pada 2022 sebanyak 34.700 ekor, dengan pertimbangan kenaikan 10 persen diperkirakan tahun 2023 ini akan ada 38.170 ekor hewan kurban,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Sukarli di Padang, Senin.

Ia mengatakan sebagian kebutuhan hewan kurban itu harus didatangkan dari luar daerah karena ketersediaan hewan kurban di Sumbar hanya sekitar 45-55 persen.

“Tidak semua kebutuhan itu bisa dipenuhi dari dalam daerah karena itu sebagian disuplai dari luar Sumbar,” katanya.

Dengan suplai dari luar, kata dia, hingga saat ini berdasarkan informasi dari para penyedia hewan kurban, ketersediaan sudah mencukupi.

Namun karena sebagian hewan kurban harus didatangkan dari luar daerah, maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar menyurati dinas yang menangani fungsi peternakan di kabupaten/kota untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

“Kita sudah surati kabupaten/kota untuk memastikan hewan kurban tersebut memenuhi syarat kesehatan dan syarat-syarat kurban,” ujarnya.

Disamping itu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar juga sudah melakukan sosialisasi dan imbauan agar seluruh panitia kurban melaporkan rencana kurban dan jumlah ternaknya kepada petugas kesehatan hewan setempat.

Berdasarkan informasi tersebut, petugas kesehatan hewan setempat akan melakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga dipastikan ternak yang akan digunakan untuk kurban layak secara kesehatan. (rdr/ant)

Exit mobile version