Polisi Lakukan 21.051 Gakkum Selama Operasi Patuh Singgalang 2023, Angka Kecelakaan Diklaim Menurun

Ditlantas Polda Sumbar memberi sosialisasi terkait Operasi Patuh Singgalang 2023 dan memberikan pemahaman kepada pelajar.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya. (Foto: Dok. Istimewa)

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar), Kombes Hilman Wijaya mengatakan, angka kecelakaan selama pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2023 menurun.

Selama Operasi Patuh Singgalang 2023 yang telah dilaksanakan dari tanggal 10 Juli hingga 28 Juli 2023, Ditlantas Polda Sumbar mencatat penegakan hukum yang sudah dilakukan sebanyak 21.051.

“Sedangkan teguran yang kami layangkan kepada pengendara sebanyak 12.598,” kata Hilman, Rabu (26/7/2023) sore.

Hilman mengatakan, salah satu penegakan hukum yang dilakukan seperti mengamankan kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas.

Tindakan tersebut, katanya, juga melibatkan seluruh jajaran Kepolisian Resor (Polres) dan Kepolisian Resor Kota (Polresta) di wilayah hukum (wilkum) Polda Sumbar.

Tidak sampai di sana, pelanggaran lalu lintas yang tercatat dari ETLE Mobile melibatkan 398 kendaraan, ETLE Statis 693 kendaraan dan tindak pelanggaran (tilang) di tempat sebanyak 7.362 kendaraan.

“Seluruh jajaran Ditlantas Polda Sumbar dan Polres-Polresta jajaran (Polda Sumbar) selalu melakukan penindakan dengan cara patroli seputaran wilayah,” katanya.

Penindakan tersebut seperti pengendara yang menggunakan knalpot brong (racing), tidak menggunakan pelindung kepala (helmet), tidak menggunakan nomor polisi (nopol), dan berboncengan lebih dari dua orang.

“Operasi Patuh Singgalang 2023 itu kami gelar sebagai peringatan kepada pengendara agar mereka patuh dengan aturan berlalu lintas,” katanya.

Selain penegakkan hukum, dalam momen Operasi Patuh Singgalang 2023 itu pula, Hilman mengeklaim bahwa pihaknya juga masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Di sana, katanya, Ditlantas Polda Sumbar memberi sosialisasi terkait Operasi Patuh Singgalang 2023 dan memberikan pemahaman kepada pelajar tentang pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Selama Operasi Patuh Singgalang 2023 di Ditlantas Polda Sumbar dan Polres-Polresta jajaran, angka kecelakaan turun menjadi 22 persen dibanding kegiatan yang sama di tahun sebelumnya,” tuturnya. (rdr-007)

Exit mobile version