Weekend yang Cerah! BMKG Prediksi Hari Ini Sumbar Tak Turun Hujan

Cuaca Sumbar diprediksi akan cerah seharian dan sangat bagus untuk Anda yang ingin liburan.

Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau. (ANTARA)

Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau. (ANTARA)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau prediksi bahwa secara umum wilayah Sumatera Barat (Sumbar) hari ini cerah hingga cerah berawan.

Pada Sabtu (29/7/2023), BMKG prediksi cuaca Sumbar akan cerah seharian dan sangat bagus untuk Anda yang ingin liburan. Data yang diunggah, cuaca Sumbar cerah berawan tanpa adanya peringatan hujan.

Sementara itu, suhu udara Sumbar hari ini mencapai 17-32 derajat celsius dan kelembapan udara 60-100 persen. Beberapa kawasan juga terpantau cerah dan berawan hingga sore nanti.

Prakirawan BMKG Minangkabau, Edolatama Febrinal menjelaskan, kondisi cuaca di Sumbar untuk tiga hari ke depan diprakirakan cukup kondusif, karena saat ini Indonesia berada pada musim kemarau.

Selain itu, pihaknya mengamati bahwa beberapa hari ke depan juga diprediksi tidak ada gangguan atmosfer yang memicu terbentuknya awan-awan hujan di wilayah Indonesia khususnya Sumbar.

“Faktor global seperti saat ini Indonesia mengalami El Nino dan IOD positif sehingga massa Udara di wilayah Indonesia cenderung lebih kering,” ujar Edo saat diwawancarai sejumlah wartawan di Padang, Kamis kemarin.

Faktor regional, tidak terdapat wilayah konvergensi dan belokan angin yang dapat memicu terbentuknya awan hujan. Anomali suhu muka laut yang cukup kecil di wilayah Sumbar ikut berkontribusi pada kurangnya suplai uap air sumber terbentuknya awan.

“Dan untuk faktor lokal, kelembaban yang cukup rendah dan kondisi udara yang stabil-labil lemah menyebabkan semakin kecilnya potensi konveksi yang membentuk awan-awan hujan di wilayah Sumbar,” katanya.

Prakiraan cuaca BMKG Minangkabau yang dirilis pukul 08.40 WIB pagi menegaskan bahwa selama tiga hari ke depan diperkirakan tiada curah hujan di wilayah Sumbar.

Edo menambahkan, per Kamis (27/7/2023), suhu maksimum rata-rata di Sumbar berkisar antara 27-31 derajat celsius. Sementara itu, khusus Kota Padang suhu maksimum bisa mencapai 33 derajat celsius. (rdr)

Exit mobile version