Datang ke Masjid Raya Sumbar, Wakil Bupati Pasbar Jemput Warga yang Berdemo untuk Pulang

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto langsung mendatangi para pengunjuk rasa, dimana beliau dikawal oleh ratusan personil Polresta Padang yang berjaga.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto bersama Kapolresta Padang Kombes Ferry Harahap menemui pendemo dan memintanya untuk pulang ke rumah. (dok. Radarsumbar.com)

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto bersama Kapolresta Padang Kombes Ferry Harahap menemui pendemo dan memintanya untuk pulang ke rumah. (dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto datangi demonstran ke Masjid Raya Sumbar pada Sabtu (5/8/2023). Wakil Bupati didampingi oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap.

Pantauan Radarsumbar.com, terlihat Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto langsung mendatangi para pengunjuk rasa, dimana beliau dikawal oleh ratusan personil Polresta Padang yang berjaga.

Disana, Wakil Bupati disambut hangat oleh para pendemo. Mereka bertepuk tangan ketika Wakil Bupati menemuinya, namun pengunjuk rasa menolak pulang sampai Gubenur Sumbar Mahyeldi datang di hadapan para pendemo.

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan, dia langsung ke Masjid Raya Sumbar atas nama Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dan mengimbau untuk warga Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sei Beremas, Kabupaten Pasaman Barat untuk pulang.

“Saya mengimbau agar masyarakat kami pulang ke kampung halaman. Dengan hati yang sangat ikhlas dan penuh kasih sayang serta penuh perhatian pada bapak-bapak, ibu-ibu, kami ingin membawa pulang saudara-saudara sekalian,” katanya.

Risnawanto menambahkan, tujuannya adalah bagaimana warganya bisa beraktivitas dan anak-anak bisa sekolah. “Kami pastikan keamanan warga kami ini sampai kerumah, kami sudah bawa bus untuk pulang. Untuk tuntutan akan kami cari solusinya,” ungkap Wabup.

Mendengar ajakan Wakil Bupati Pasbar Risnawanto tersebut semua demonstran banyak yang menjawab tidak. “Tidak,” kata hampir semua demonstran.

Salah seorang warga Pigogah, Syamsul Harahap mengatakan, pihaknya sudah mendengar ajakan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Pasaman Barat.

“Kami butuh perjanjian tertulis untuk keamanan kami berusaha, kami sebenarnya juga ingin pulang. Seribu kali bapak menyuruh kami pulang seribu kali juga kami mengatakan tidak,” ujarnya.

Koordinator Aksi Haris Ritonga mengatakan, pada dasarnya ini bukan kemauan warga dan warga tidak ingin sebetulnya terjadi. “Ini terpaksa kami lakukan, kami ingin kepastian hukum kepada Pemkab Pasbar.”

“Marilah kita selesaikan dengan regulasi yang ada, kami mau pulang kalau Bapak Gubenur Sumbar temui kami seperti bapak Wakil Bupati ini,” ujarnya.

Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap menegaskan, tugasnya menjaga keamanan seluruh demonstran saat berada di wilayah hukumnya, baik di Masjid Raya Sumbar dan di depan Kantor Gubernur Sumbar.

“Kami berharap semuanya pulang ke kampung halaman, kami pastikan keamanan dari Padang sampai ke Pasaman Barat, maka dengan itu kami bersama Bapak Wakil Bupati ke sini mengimbau untuk saudara kami untuk pulang,” ujarnya. (rdr-007)

Exit mobile version