Tahanan Kabur di Rumbai Bikin Resah Warga Sumbar, Kapolda Tekankan Ini!

Sebagai daerah terdekat, kita dari Polda Sumbar juga akan memonitor dan mencari informasi terkait keberadaan mereka.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat di ruangannya. (dok. Radarsumbar)

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono saat di ruangannya. (dok. Radarsumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Keresahan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), khususnya di Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan sekitarnya dengan insiden tahanan kabur di Rumbai, Provinsi Riau menjadi atensi jajaran pengamanan di daerah ini.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono dalam keterangannya via WhatsApp message kepada Radarsumbar.com, Sabtu (19/8/2023) mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi intensif terkait insiden tahanan kabur tersebut.

“Pertama sekali, saya tentu akan melakukan koordinasi untuk mengetahui secara pasti terkait insiden tersebut.”

“Sebagai daerah terdekat, kita dari Polda Sumbar juga akan memonitor dan mencari informasi terkait keberadaan mereka,” tulis Kapolda.

Kemudian, kata Kapolda, dari 10 orang tahanan yang kabur, sudah 3 orang yang diamankan oleh polisi. Sisanya, ada tujuh tahanan lagi yang masih dalam pencarian.

“Kita sudah menugaskan personel di Polsek dan Polres serta Polda untuk membantu menangkap,” papar Kapolda.

Selain itu, Irjen Pol Suharyono menyebut akan menganalogikan kejadian terkait kaburnya tahanan dengan mengoptimalkan pengamanan tahanan di setiap Rutan, baik itu Mapolda maupun Mapolres hingga Mapolsek.

Lalu, melakukan pengecekan dan pengawasan secara langsung terkait kondisi bangunan tahanan dan segala sesuatunya yang ada di dalam tahanan mulai dari atap, tembok, ubin, jeruji besi, gembok, jendela, pintu, kamar mandi dan sebagainya.

“Kita juga menganjurkan acara secara rutin dan terjadwal memberikan arahan dan tauziah kepada para napi, baik dari fungsi Binmas maupun Ustadz dari luar,” jelasnya kemudian.

Yang terakhir, Polda Sumbar akan selalu memberi arahan dan pengawasan kepada anggota jaga tahanan supaya tidak lengah disaat bertugas menjaga tahanan, termasuk pada saat jam besuk tahanan.

Sebelumnya, warga Sumatera Barat (Sumbar) mulai resah dengan isu dan dugaan terkait tahanan kabur dari Polsek Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau yang kabur sejak pekan lalu.

Pasalnya, belakangan marak aksi pencurian dan pengupakan terhadap sejumlah rumah warga di kawasan Agam dan Bukittinggi, Sumbar.

Dinukil dari laman berbagai media mainstream, dikabarkan sebanyak 10 tahanan Polsek Rumbai dilaporkan melarikan diri dari sel.

Para tahanan tersebut diduga kabur dari ruang belakang dengan menjebol dan memanjat tembok, Rabu (9/8/2023) dini hari.

Peristiwa kaburnya 10 tahanan itu baru diketahui pada siang harinya setelah petugas mengecek seluruh tahanan.

Para tahanan yang kabur terdiri dari tersangka kasus penyalahgunaan narkoba, pencurian, dan penggelapan.

Dari foto-foto yang beredar melalui pesan WhatsApp, 10 tahanan yang kabur itu berinisial HI, SC, MK, RF, NW, UA, DS, DP, RRH, dan RN.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Hery Murwono membenarkan kaburnya para tahanan tersebut. Dijelaskan, tiga dari sepuluh tahanan yang kabur sudah berhasil ditangkap.

Soal siapa saja tahanan yang sudah ditangkap tersebut, pihak kepolisian belum memberikan keterangan karena masih konsentrasi memburu tujuh pelaku lainnya.

Polresta Pekanbaru pun gerak cepat dengan membentuk tim khusus demi memburu dan menangkap seluruh tahanan yang kabur. (rdr)

Exit mobile version