WSPAM 2023 Sukses Pukau Para Pecinta Seni di Sumatera Barat

Acara yang berlangsung tanggal 21-23 September dimeriahkan 8 performance terbaik se Sumatera Barat.

West Sumatera Performing Arts Market (WSPAM) 2023. (dok. Pemprov Sumbar)

West Sumatera Performing Arts Market (WSPAM) 2023. (dok. Pemprov Sumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – West Sumatera Performing Arts Market (WSPAM) 2023 resmi dibuka Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Luhur Budianda, di Ladang Tari Nan Jombang, Padang, Kamis (21/9/2023) malam.

Acara yang berlangsung tanggal 21-23 September dimeriahkan 8 performance terbaik se Sumatera Barat. Acara ini berjalan dengan sukses dan dipenuhi oleh antusias penuh para pecinta seni di Sumatera Barat (Sumbar).

Dengan mengundang 3 produser mancanegara, acara WSPAM 2023 tahun ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Sumbar, DPRD Sumbar dan Nan Jombang Dance Company sebagai bentuk pengenalan seni yang ada di Sumatera Barat untuk lebih mendunia.

Pada sambutannya Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan apresiasi akan komitmen WSPAM dalam menggerakan kesenian tari dan budaya di Sumatera Barat sebagai bentuk pengenalan kepada dunia.

“WSPAM 2023 sebagai bentuk komitmen Pemprov menjaga kelestarian dan kesenian Sumatera Barat,” ucap Budi Luhur yang mewakili Gubernur dalam pembukaan WSPAM 2023, Kamis lalu.

Lebih lanjut Budianda menyampaikan, Pemprov Sumbar melihat kolaborasi dan sinergi dari seluruh industri pariwisata untuk bergerak bersama dalam memajukan pariwisata Sumatera Barat.

Melalui pentas seni dan budaya dengan mengundang buyers, agar buyers sendiri yang akan membawa seniman dan budayawan untuk melakukan promosi baik didalam negeri maupun di luar negeri.

Hal serupa juga tidak luput dari peran serta Anggota DPRD komisi IV Evi Yandri yang turut menyukseskan WSPAM 2023 sebagai barisan depan para pejuang seni dalam meningkatkan kesenian Sumatera Barat.

Dengan terselenggaranya WSPAM ini diharapkan menjadi tempat para seniman dan budayawan untuk terus melahirkan potensi potensi yang mendunia.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terimakasih kepada keluarga nan jombang dance company yang telah menggerakan WSPAM, dengan ini sama sama kita ucap Basmalah dalam pembukaan WSPAM 2023” Tutup Budi.

“Dengan kesenian jika bisa kita kelola, seperti Bali bisa menghasilkan devisa Rp100 triliun setahunnya, kesenian kita juga tidak kalah dengan bali” Ujar Evi.

Inisiator WSPAM 2023 Eri Mefri juga mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini.

“Terimakasih kepada 8 Performance yang telah berpartisipasi. Ingat jika tidak ada yang memberi kesempatan saya bikin kesempatan sendiri, selamat datang di Indonesia para producer,” ucap Evi.

Acara dilanjutkan dengan Performing Art dari Nan Jombang Dance Company, Singo Barantai Saniangbaka dan Parewa Limo Suku pada hari pertama pembukaan WSPAM. (rdr)

Exit mobile version