Kampus Punya Peranan Penting Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Kok Bisa?

Jasa Raharja tidak ingin berhenti hanya sampai pada penyerahan santunan saja.

Penandatanganan kerjasama keselamatan lalu lintas antara Unand dan Jasa Raharja. (Foto: Dok. PPID Unand)

Penandatanganan kerjasama keselamatan lalu lintas antara Unand dan Jasa Raharja. (Foto: Dok. PPID Unand)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kampus sebagai salah satu wadah akademisi dan mahasiswa, memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas, terutama kepada generasi muda.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja, Munadi Herlambang saat penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyakarat dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Andalas (Unand), Jumat (29/9/2023).

Munadi Herlambang menyampaikan, kerja sama ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan kolaborasi antara Jasa Raharja dan Unand dalam hal sinergi peningkatan keselamatan lalu lintas.

“Selain itu, juga bertujuan untuk mengajak generasi muda agar lebih peduli dengan keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain di jalan raya,” katanya.

Sebagai tindak lanjut dari kerjasama tersebut, kata Munadi, kegiatan teknis yang akan dilaksanakan, yakni literasi, creative campaign, research and internship, seminar, hingga JR-Rovation, yakni ajang penciptaan inovasi yang dilakukan mahasiswa.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diamanatkan Undang-undang (UU) memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat, kami tidak ingin berhenti hanya sampai pada penyerahan santunan saja,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Munadi, peningkatan keselamatan berlalu lintas serta pencegahan kecelakaan juga menjadi concern atau fokus dari Jasa Raharja.

“Berbagai hal terus kami lakukan, mulai dari pengadaan sarana pencegahan kecelakaan, pemeriksaan kesehatan pada awak angkutan umum, hingga melakukan program-program safety campaign,” katanya.

Munadi menilai, Unand sebagai salah satu wadah akademisi dan mahasiswa, memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas, terutama kepada generasi muda.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami akan lebih intens dalam upaya membangun kesadaran kaum millenial untuk lebih peduli terhadap keselamatan, serta mendorong generasi muda untuk terlibat aktif dalam berbagai upaya pencegahan kecelakaan berlalu lintas,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Unand, Prof Yuliandri menyambut baik sejumlah program dari Jasa Raharja.

Pasalnya, implementasi dari program itu akan berdampak bagi perkembangan kesadaran mahasiswa dalam berlalu lintas.

“Kami sangat menyambut baik program-program yang diadakan PT Jasa Raharja terkhusus kepada mahasiswa Unand karena akan memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga ketertiban berlalu lintas,” imbuhnya.

Penandatanganan MoU tersebut dihadiri, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat (Sumbar), Raihan Farani, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Riset, Inovasi, dan Kerjasama Hefrizal Handra, Kepala Sub Direktorat Kerjasama (Kasubdit Kerma), Arpentius beserta rombongan Jasa Raharja lainnya. (rdr)

Exit mobile version