Smesco dan Pemprov Sumbar Gelar Workshop Pembuatan Website untuk 100 UMKM

Workshop ini bertujuan untuk membuat UMKM di Sumbar terus naik kelas dan bisa bersaing di tingkat nasional dan global.

Workshop pelatihan pembuatan website untuk UMKM yang digelar Smesco Indonesia dan Pemprov Sumbar. (dok. istimewa)

Workshop pelatihan pembuatan website untuk UMKM yang digelar Smesco Indonesia dan Pemprov Sumbar. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Smesco Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan pelatihan dan workshop pembuatan website untuk 100 UMKM yang ada di Sumbar, Kamis (16/11/2023).

Workshop ini bertujuan untuk membuat UMKM di Sumbar terus naik kelas dan bisa bersaing di tingkat nasional dan global.

Direktur Smesco, Wintor Rah Mada mengatakan, pihaknya ingin UMKM terus bisa bersaing di tingkat yang lebih baik dalam mengembangkan usahanya.

“Pembuatan website jadi salah satu platform yang bisa digunakan dalam mengembangkan usaha dan memasarkan produk ke pasar yang lebih luas.”

“Selama ini permasalahan yang dihadapi oleh UMKM pada umumnya sama, yakni soal pemasaran produk. Nah, melalui ini, kita coba mengurainya satu per satu,” katanya di Padang, Jumat kemarin.

Dia mengatakan, 100 UMKM yang ikut workshop telah memiliki website sendiri dalam mengenalkan dan memasarkan produknya. “Tentunya ini diberikan secara gratis dan setelahnya juga akan terus dilakukan pemantauan terhadap pengembangan usaha,” katanya.

Wintor menuturkan, di Smesco Indonesia pihaknya juga menyediakan beberapa kemudahan bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produk untuk meringankan ongkos kirim.

“Kita punya warehouse atau gudang untuk menghimpun produk UMKM yang akan dikirim ke konsumen terdekat. Dan penyimpanan ini juga gratis, sehingga membantu UMKM dalam meringankan biaya produksi,” katanya.

Pihaknya di Smesco Indonesia melihat potensi UMKM di Sumbar sangat bagus dan itu masuk dalam visi pemerintah dalam mengembangkannya.

“Sehingga kita posisinya disini adalah support visi tersebut agar UMKM berhasil naik kelas dan memiliki pasar yang luar biasa,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung baik itu di ikuti dengan sangat antusias oleh UMKM yang hadir. Pihak UMKM sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelumnya, Smesco bersamas Dimensi Indonesia juga menggelar ‘Kopdar’ digital di Kota Padang pada Jumat di salah satu perguruan tinggi. Kegiatan ini mengangkat tema “Dapek Pitih dari Internet” dengan menghadirkan pemateri yang sangat handal di bidang digital marketing.

Pelindung Dimensi, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani dalam sambutannya sangat bangga dengan kegiatan ini karena bisa berbagi ilmu dengan masyarakat dan juga UMKM yang ada di Sumatera Barat, sehingga ini memberikan banyak manfaat.

Putra Asal Koto Anau Kabupaten Solok yang saat ini menjadi Kepala Staf Komando Garnisun Tetap (Kaskogartap) I/Jakarta itu juga menyebut UMKM adalah tiang perekonomiaan yang harus dijaga.

“Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan juga memberikan manfaat bagi kita semua. Dan semoga bisa membantu UMKM dalam memasarkan produknya,” jelas Jenderal Bintang Satu yang pernah menjadi Perwira Upacara saat penaikan dan penurunan Bendera Sang Merah Putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 lalu. (rdr)

Exit mobile version