Pastikan Kelengkapan Logistik Pemilu, Bawaslu Sumbar Lakukan Patroli Gudang

Kegiatan ini dilaksanakan guna memastikan apakah pengawasan oleh Bawaslu kabupaten/kota sudah sesuai dengan aturan.

Bawaslu Sumbar cek gudang kelengkapan logistik Pemilu. (dok. istimewa)

Bawaslu Sumbar cek gudang kelengkapan logistik Pemilu. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Guna memastikan kesiapan logistik pada Pemilu 2024, Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumbar, melakukan kegiatan supervisi dan monitoring ke sejumlah Bawaslu kabupaten/kota.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Sumbar Febrian Bartez saat diwawancara di Padang Jumat (1/12/2023) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna memastikan apakah pengawasan oleh Bawaslu kabupaten/kota sudah sesuai dengan aturan.

“Kita juga melakukan pengecekan terhadap gudang logistik KPU, apakah representatif dan layak sebagai gudang penyimpanan logistik,” kata Bartez.

Selain itu lanjut Bartez, Bawaslu Sumbar juga akan meminta form pengawasan kepada Bawaslu kabupaten/kota, terkait temuan-temuan di lapangan seperti logistik yang rusak, tidak sesuai jumlah atau spek.

“Untuk tahap satu, total sudah 95 persen logistik yang telah kita distribusikan ke seluruh kabupaten/kota, tinggal mengatasi ada beberapa item yang belum sampai,” sambung Bartez.

Pada kesempatan ini Bartez berharap Bawaslu kabupaten/kota untuk lebih teliti dalam pengawasan, apakah logistik telah tiba/diterima sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, baik dari segi kualitas maupun spesifikasi

“Kita sudah menerima laporan terkait temuan logistik yang rusak, dan sudah dilaporkan ke pihak penyedia untuk segera dilakukan penggantian,” ucapnya.

Untuk temuan menurut Bartez, hingga saat ini dari laporan yang masuk, berupa bilik suara dan segel kertas yang rusak, namun sudah dilaporkan dan dilakukan penggantian oleh pihak penyedia.

Saat ini kata Bartez, Bawaslu Sumbar sudah memulai mendistribusikan logistik tahap kedua, berupa surat suara, sampul dan perlengkapan lainnya. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version