Gunung Marapi Erupsi di Sumbar, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

Terdapat lima SPBU di Kabupaten Agam, 1 SPBU di Kabupaten Tanah Datar, 3 SPBU di Kota Bukittinggi yang beroperasi normal.

Antrean BBM di Bukittinggi. (Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga)

Pengisian BBM di SPBU. (Foto: Dok. Pertamina Patra Niaga)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – PT Pertamina Patra Niaga memastikan stok dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) serta Liquefied Petroleum Gas (LPG) di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar aman pasca erupsi Gunung Marapi.

Seperti diketahui, Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) erupsi pada Minggu (3/12/2023).

“Kami telah melakukan pengecekan terhadap lembaga penyalur yang terdekat dengan area erupsi Gunung Marapi. Dari hasil pengecekan, terjadi hujan abu vulkanik sekitar area
Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) namun tidak ada kerusakan sarana dan fasilitas sehingga operasional berjalan dengan normal,” kata Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Susanto August Satria, Selasa (5/12/2023).

Ia menjelaskan, terdapat lima SPBU di Kabupaten Agam, 1 SPBU di Kabupaten Tanah Datar, 3 SPBU di Kota Bukittinggi yang beroperasi normal.

Selain itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, aparat setempat, lembaga penyalur (SPBU, Agen LPG dan Pangkalan LPG) untuk menjaga ketersediaan stok BBM dan LPG di Sumbar.

“Kami memastikan stok dan distribusi BBM dan LPG aman di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Bukittinggi dan sekitarnya. Jika ada kebutuhan informasi maupun masukan dan saran, masyarakat atau konsumen dapat menghubungi kontak Pertamina 135,” kata Satria.

Pertamina Patra Niaga tetap melakukan penyaluran BBM dan LPG seperti biasa dengan tetap memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan para awak yang bertugas.

“Jika terjadi hujan abu, kami mengimbau para pekerja dan mitra kerja yang bertugas menggunakan masker untuk mengurangi dampak abu vulkanik bagi kesehatan,” ucapnya.

Satria juga menyampaikan turut prihatin atas erupsi yang terjadi di Gunung Marapi. Masyarakat diharapkan selalu mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni Pemerintah Daerah, Badan Geologi, Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), dan instansi terkait lainnya.

“Pertamina menyampaikan turut berdukacita dan prihatin yang mendalam atas musibah erupsi Gunung Marapi di Sumbar. Doa terbaik untuk korban yang meninggal dunia dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version