Natal dan Tahun Baru, Kantor SAR Padang Siagakan Personel di Seluruh Pos

Hal ini menjadi perhatian mengingat cuaca ekstrim yang sedang melanda Sumatera Barat (Sumbar).

Pembukaan secara simbolik operasi SAR khusus oleh Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik. (Foto: Dok. Basarnas)

Pembukaan secara simbolik operasi SAR khusus oleh Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik. (Foto: Dok. Basarnas)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kantor SAR Padang menggelar apel Siaga SAR Khusus, Senin (18/12/2023).

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik mengatakan, apel siaga SAR khusus dilakukan demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selain itu, meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi adanya lonjakan penumpang arus mudik dan di tempat wisata, seperti pulau, alam dan pantai.

“Hal ini menjadi perhatian mengingat cuaca ekstrim yang sedang melanda Sumatera Barat (Sumbar),” katanya.

Demi menunjang pelaksanaan apel Siaga SAR khusus tersebut, Kantor SAR Padang menyiagakan alat utama SAR seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personel, Motor Trail, Beach Patrol.

Kemudian, Rigid Inflatable Boat (RIB), peralatan medis, selam, ekstrikasi dan urban SAR.

“Kami juga mengerahkan 85 personel yang disiagakan di Kantor SAR Padang, Pos SAR Limapuluh Kota, Pasaman, Unit Siaga SAR Solok Selatan (Solsel), Pesisir Selatan (Pessel) dan Kapal Navigasi (KN) SAR Yudhistira 227,” katanya.

Pada kesempatan itu, Abdul Malik juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi SAR erupsi Gunung Marapi dari tanggal 3 hingga 7 Desember 2023 lalu.

Pelaksanaan Siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun 2024 dilaksanakan selama 14 hari yaitu dari tanggal 18 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. (rdr)

Exit mobile version