Ini 11 Tuntutan Aliansi Mahasiswa Sumbar Andai Prabowo Menang Pilpres

Kami melihat pasangan ini berpeluang besar menang.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Sumatera Barat (Sumbar), H Andre Rosiade menerima lampiran tuntutan dari Aliansi Mahasiswa Sumbar yang ditujukan kepada pasangan Prabowo-Gibran. (Foto: Dok. Tim AR)

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Sumatera Barat (Sumbar), H Andre Rosiade menerima lampiran tuntutan dari Aliansi Mahasiswa Sumbar yang ditujukan kepada pasangan Prabowo-Gibran. (Foto: Dok. Tim AR)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Aliansi Mahasiswa Sumatera Barat (AMSB) menyampaikan 11 tuntutan kepada pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka jika terpilih memimpin Indonesia untuk periode 2024-2029.

11 tuntutan tersebut disampaikan AMSB saat melakukan aksi damai dan orasi di Sekretariat Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Sumbar yang berada di bilangan Jenderal Sudirman, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Rabu (31/1/2024) siang.

Koordinator Aksi atau perwakilan dari AMSB, Egi Wiransyah, mengatakan, jika hal tersebut dan tuntutan mereka diterima, maka pihaknya akan memberikan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02. Pasangan yang berpeluang menang di Indonesia.

“Kami melihat pasangan ini berpeluang besar menang. Namun dengan catatan, jika hal tersebut tidak dilaksanakan dan tidak diaplikasikan dalam realitanya, tentu hal ini akan menjadi bumerang kepada beliau,” katanya usai aksi damai.

“Kami sudah melakukan pengamatan yang komprehensif, dari berbagai survei dan kajian, termasuk juga hasil diskusi-diskusi yang kami lakukan, dan pada akhirnya kami menilai bahwa hari ini Prabowo-Gibran menjadi pilihan masyarakat secara keseluruhan untuk didukung dan dipilih, serta dianggap mampu membawa bangsa dan negara Indonesia lebih baik lagi,” ujar Wira.

AMSB, katanya, tidak akan segan-segan menuntut janji yang telah disepakati. Janji tersebut merupakan aspirasi dari mahasiswa dan harus dilaksanakan ketika sudah terpilih memimpin Indonesia.

“Jika nanti hal ini disepakati, maka kami akan memberikan dukungan, namun dengan catatan harus dipenuhi dan kami minta pertanggungjawabannya. Kami hadir kurang lebih 2 ribu orang dari berbagai kampus,” sambung Egi.

Pada kesempatan itu, Egi membeberkan alasan AMSB menyampaikan aspirasi dan potensi dukungan kepada pasangan nomor urut 02. Dari 11 poin tuntutan yang mereka sampaikan, itu sudah mewakili pihaknya sebagai mahasiswa.

“Kami sangat tidak ingin adanya ketimpangan terkhusus kepada penegakan HAM, pengembangan UMKM serta ingin menumbuhkan wirausaha baru dari Sumbar,” katanya.

Sementara itu, Ketua TKD Prabowo-Gibran di Sumbar H Andre Rosiade mengatakan, AMSB sudah tepat untuk datang kepada pihaknya dan menyampaikan tuntutan.

“Melihat kondisi riil politik di Indonesia maupun di Sumbar yang menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran in shaa Allah akan menang satu putaran, kemudian melihat gelombang dukungan rakyat kepada pasangan 02 begitu besar,” kata ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sehingga, kata Andre, mahasiswa menilai pasangan 02 ini berpeluang besar memenangkan kontestasi Pilpres di 14 Februari 2024. “Ini yang memutuskan mereka datang ke kami, ke TKD untuk menyampaikan aspirasi dan mengawal komitmen menjalankan roda pemerintahan untuk periode 2024-2029,” katanya.

Terkait dengan tuntutan mahasiswa tersebut, Andre Rosiade memastikan pihaknya telah menyampaikan Prabowo Subianto. “Beliau menyampaikan tuntutan mahasiswa itu sudah menjadi program dan agenda yang dilaksanakannya bersama Gibran Rakabuming Raka,” kata anggota Komisi VI DPR RI tersebut.

Sesuai arahan dari Prabowo Subianto, semua tuntutan dan komitmen yang datang dari berbagai pihak, terutama mahasiswa harus diterima. “Kami sudah tandatangani, komitmen Prabowo-Gibran akan menjalankan tuntutan mahasiswa,” katanya.

Andre Rosiade melihat bahwa ramainya anak muda, Gen Z, milenial, mahasiswa memberikan dukungan juga mengindikasikan bahwa kemenangan Prabowo-Gibran sudah di depan mata.

“Gelombang dukungan sudah besar ke 02, teman mahasiswa ini menuntut dan mengawal 02. Kami bersyukur dan bekerja keras lagi bahwa di 14 Februari 2024 kami bisa mengunci kemenangan agar visi-misi Prabowo-Gibran bisa dilaksanakan dan tuntutan mahasiswa bisa dilaksanakan,” tutur Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran tersebut.

Berikut isi 11 tuntutan Aliansi Mahasiswa Sumatera Barat (AMSB) kepada pasangan Prabowo-Gibran:

1. Berjanji akan menjalankan amanah rakyat Indonesia dengan sejujur-jujurnya, adil dan bertanggungjawab.

2. Berjanji tidak akan berkhianat kepada rakyat Indonesia.

3. Berjanji akan memperkokoh Pancasila, UUD 1945, demokrasi dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).

4. Berjanji menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menguatkan pertahanan dan keamanan negara, serta mendorong kemandirian bangsa dalam berbagai bidang kehidupan.

5. Berjanji menyediakan lapangan kerja yang luas, membuka kesempatan berwirausaha, mendukung UMKM serta membangun infrastruktur.

6. Berjanji menguatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, menguatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

7. Berjanji dan berani untuk melakukan hilirisasi dan industrialisasi untuk memperkuat ekonomi Indonesia dalam percaturan dunia.

8. Berjanji memberikan perhatian khusus pada pembangunan desa di seluruh Indonesia.

9. Berjanji memberantas kemiskinan dan pengangguran, melakukan pemerataan pembangunan serta menghilangkan ketimpangan.

10. Berjanji melakukan reformasi birokrasi, berani memberantas korupsi dan mafia dalam berbagai bidang.

11. Berjanji menghadirkan kedamaian, memelihara toleransi antar umat beragama, membangun kehidupan rakyat Indonesia yang harmonis, mewujudkan keadilan sosial serta menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

(rdr)

Exit mobile version