Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPU Sumbar Ajak ASN Bantu Sosialisasikan Pemilu 2024

Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen saat diwawancarai awak media massa di Padang, Rabu, (7/9/2023). (Foto: Dok. ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen saat diwawancarai awak media massa di Padang, Rabu, (7/9/2023). (Foto: Dok. ANTARA/Muhammad Zulfikar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut membantu sosialisasi Pemilu 2024 guna mendongkrak partisipasi pemilih.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen di Padang, Selasa mengatakan target partisipasi pemilih di daerah itu pada Pemilu 2024 sama dengan target nasional yaitu 82 persen.

“Untuk bisa merealisasikan target partisipasi itu, KPU butuh dukungan dari semua pihak. Selain pemerintah daerah, juga perlu dukungan dari ASN,” ujarnya.

Ia menilai ASN cukup memiliki pengaruh di tengah masyarakat sehingga memiliki kapasitas yang cukup untuk ikut mensosialisasikan tanggal pelaksanaan Pemilu 2024 dan ikut memberikan hak pilih di tps.

Surya mengatakan dalam pelaksanaan pemilu di Sumbar, partisipasi pemilih cenderung mengalami kenaikan setiap kali pesta demokrasi dilaksanakan.

Ia merinci pada Pemilu 2009, partisipasi masyarakat pada pemilihan legislatif mencapai 70,46 persen, sedangkan pada pemilihan presiden 71,10 persen.

Kemudian pada Pemilu 2014, partisipasi untuk pemilihan legislatif mencapai 70,79 persen, sedangkan untuk pemilihan presiden 65,19 persen.

Partisipasi pemilih di Sumbar meningkat pada pemilihan legislatif 2019 dengan angka 78,75 persen, dan untuk pemilihan presiden 78,98 persen.

Meski terus mengalami kenaikan, tetapi secara umum tingkat partisipasi masyarakat di Sumbar masih di bawah partisipasi secara nasional yang pada 2019 berada di kisaran 81 persen.

“Kita perlu peran publik dalam seluruh tahapan Pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih ini,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version