Tarik Kunjungan Wisataman, Pemkab Agam Gencar Promosikan Bunga Rafflesia

Bunga rafflesia mekar sempurna di Marambuang, Nagari atau Desa Baringin, Kecamatan Palembayan, Agam. Dok Antara/Yusrizal

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal gencar melakukan promosi potensi bunga rafflesia dalam menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Dedi Asmar di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan potensi bunga rafflesia cukup banyak di Agam dengan jumlah 17 titik tersebar di Kecamatan Tanjung Raya, Matur, Palembayan, Palupuh dan lainnya.

“Potensi cukup banyak di sejumlah kecamatan dan tinggal bagaimana kita secara masif mempromosikan potensi bunga rafflesia jenis arnoldii dan tuan-mudae,” katanya.

Ia mengatakan dengan promosi secara masif itu maka kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara akan ramai ke Agam untuk melihat secara dekat bunga itu.

Ini mengingat bahwa di daerah mereka tidak ada bunga langka dan dilindungi itu dengan usia mekar sekitar satu minggu.

“Kita bakal mempromosikan keberadaan bunga itu melalui media sosial, baliho, spanduk dan melalui pemberitaan dari wartawan,” katanya.

Ia menambahkan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam bakal menggandeng organisasi perangkat daerah lainnya, kelompok wisata, pengusaha dan lainnya untuk mengekspos potensi yang ada.

“Selama ini kita kurang mengekspos, sehingga yang dikenal hanya bunga rafflesia di Kecamatan Palupuh,” katanya.

Ia mengakui selama ini wisatawan mancanegara mengetahui bunga rafflesia hanya di Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh.

Lokasi itu sering dikunjungi wisatawan mancanegara baik dari Asia, Eropa, Amerika dan lainnya.

“Wisatawan mancanegara cukup banyak berkunjung saat bunga rafflesia mekar. Di lokasi itu, wisatawan juga disuguhi kopi luak dan minuman lainnya,” katanya.

Dengan kunjungan cukup banyak itu, maka berdampak terhadap ekonomi masyarakat sekitar. (rdr/ant)

Exit mobile version