Meriahkan HUT RI ke-79, Pemkab Agam Gelar Gerak Jalan Tepat Waktu

Peserta gerak jalan di Kabupaten Agam. Dok HO/Diskominfo Agam

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar gerak jalan tepat waktu untuk kategori SMA, SMK, MA, organisasi perangkat daerah, instansi, dan umum dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 79 Republik Indonesia, Rabu (14/8).

Kegiatan ini secara resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti di GOR Rang Agam dengan rute melewati Surau Kariang, Simpang Tembok, Simpang Lapau Talang, Simpang IV Tanjung, Lampu Merah, dan berakhir kembali di GOR.

Sekretaris Daerah Agam Edi Busti di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan setiap regu dalam kegiatan ini diwakili oleh 10 orang peserta yang mengenakan kostum khusus yang telah dipersiapkan sebelumnya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan muncul rasa kebersamaan dan gotong royong di antara para peserta, yang merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan seperti gerak jalan tepat waktu ini adalah salah satu cara untuk mengingat dan menghargai jasa-jasa mereka.

Ini bukan hanya tentang memenangkan lomba, tetapi lebih dari itu, ini adalah tentang bagaimana sebagai bangsa, terus menjaga dan merawat kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan.

Selain menguji ketepatan waktu dan kedisiplinan, lomba ini juga mengajarkan tentang pentingnya kerja sama tim dan solidaritas.

Ini adalah nilai-nilai yang sangat penting untuk pertahankan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks keluarga, sekolah dan maupun di tempat kerja.

Ia mengajak seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten Agam untuk menjadikan momen HUT ke 79 RI ini sebagai refleksi diri, tentang bagaimana dapat berkontribusi lebih dalam pembangunan bangsa.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai pengingat bahwa perjuangan belum selesai. Sebagai generasi penerus, kita memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan cita-cita para pendahulu kita, membangun Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera,” katanya.

Ia berharap kegiatan gerak jalan tepat eaktu ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Agam untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa dan negara.

Pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya memperkuat semangat kebangsaan dan menghargai perjuangan para pahlawan.

Kegiatan ini tidak hanya sekadar lomba fisik, tetapi juga sarana untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan semangat patriotisme di kalangan masyarakat, terutama pgenerasi muda.

“Kita semua tahu bahwa kemerdekaan yang nikmati hari ini adalah hasil dari perjuangan panjang para pahlawan yang dengan penuh pengorbanan telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version