DKPP Agam Gandeng Fakultas Pertanian Unand Optimalkan Potensi Bahan Pangan Lokal

Kerjasama ini akan mendatangkan manfaat yang lebih besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

Pelaksana Harian Asisten II Bilang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Bupati Agam Hamdi meresmikan kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unand Padang. (Foto: Dok HO/Diskominfo Kabupaten Agam)

Pelaksana Harian Asisten II Bilang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Bupati Agam Hamdi meresmikan kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unand Padang. (Foto: Dok HO/Diskominfo Kabupaten Agam)

LUBUK BASUNG, RADARSUMBAR.COM – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Agam dan Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) bekerjasama untuk mengoptimalkan potensi bahan pangan lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kerjasama tersebut diresmikan di Taman Wisata Muko Muko Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (8/6/2024) yang dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Asisten II Bilang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Agam, Hamdi didampingi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Saya menyambut baik kerjasama ini dan menekankan pentingnya kolaborasi antar berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi, dalam menggali potensi bahan pangan lokal,” kata Hamdi.

Kerjasama ini, katanya, akan mendatangkan manfaat yang lebih besar untuk mewujudkan kedaulatan pangan, selain itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Agam.

“Banyak manfaat dari kerjasama ini dan kami akan menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Agam, Rosva Deswira menambahkan bentuk kerjasama yang disepakati termasuk pengembangan dan diversifikasi produk pangan lokal, implementasi hasil riset, dan peningkatan sumber daya manusia di lingkup DKPP Kabupaten Agam dengan bantuan Fakultas Pertanian Unand Padang.

“Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pemanfaatan potensi lokal yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi, serta mendukung program kedaulatan pangan di Agam,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan pameran dan penilaian produk UMKM yang bertujuan untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk di masa yang akan datang.

Pameran ini dapat menjadi ajang promosi yang efektif bagi produk-produk lokal dan memperkuat jejaring pemasaran.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unand Padang, Alfi Asben mengatakan kegiatan ini bertepatan dengan Dies Natalis ke-16 Fakultas Pertanian Unand.

“Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pengabdian masyarakat di Kecamatan Tanjung Raya dan Kecamatan Matur, seperti pemutihan kulit kacang Matur, peningkatan kualitas produk gula semut, pembinaan UMKM dan penyerahan bibit aren,” imbuhnya. (rdr/ant)

Exit mobile version