Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat, Pemkab Agam Punya Program GURAMI

Ketua Forikan Agam, Ny Yenni Andri Warman menyerahkan produk olahan serba ikan. Dok Humas Agam

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat memiliki program Gerakan Urang Agam Makan Ikan (GURAMI) dalam meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat untuk mencegah stunting.

Ketua Forikan Agam, Ny Yenni Andri Warman di Lubukbasung, Kamis, mengatakan Program GURAMI suatu gerakan yang terdiri dari berbagai kegiatan berupa edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan.

“Ini dalam meningkatkan mengkonsumsi ikan bagi masyarakat di Agam,” katanya.

Ia mengatakan, melalui gerakan ini diharapkannya ke depan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan meningkat.

Terutama bagi ibu hamil, menyusui dan balita yang membutuhkan banyak gizi agar bisa tumbuh serta berkembang dengan baik dan sehat.

“Daging ikan mengandung protein untuk pertumbuhan anak, sehingga terhindar dari stunting,” katanya.

Sementara Asisten I Bidang Pemerintah dan Hukum Sekretaris Daerah Agam Rahman menambahkan GURAMI ini sebuah inovasi yang harus didukung secara bersama, supaya program bisa berjalan maksimal.

“Program ini harus kita dukung bersama untuk pertumbuhan anak dan bisa mencegah stunting,” katanya.

Ia berharap program ini tidak hanya sekedar imbauan saja, tetapi betul-betul terlaksana di tengah masyarakat.

Apalagi potensi perikanan Agam cukup tinggi yang dapat meningkatkan konsumsi makan ikan pada masyarakat secara menyeluruh.

Untuk itu, perlunya kolaborasi seluruh OPD, wali nagari atau pemerintah desa dan seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan program tersebut. (rdr/ant)

Exit mobile version