Dinsos Agam: 270.179 Warga Masuk DTKS

Kantor Bupati Agam. (Antara).

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Dinas Sosial Kabupaten Agam, Sumatera Barat mencatat sebanyak 270.179 jiwa warga daerah itu masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) per Desember 2023 tersebar di 16 kecamatan.

“Ke 270.179 orang itu berasal dari 84.509 kepala keluarga,” kata Kepala Dinas Sosial Agam Yunelson didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Agam Azmar di Lubuk Basung, Kamis.

Ia mengatakan jumlah individu yang masuk ke dalam DTKS fluktuatif setiap bulannya. Pemerintah nagari atau desa akan melakukan verifikasi dan memvalidasi data tersebut.

Dengan cara itu bantuan tersebut bakal tepat sasaran, sehingga data DTKS ini bisa berubah setiap bulannya, sesuai dengan kondisi masyarakat.

“Data ini bakal berubah sesuai verifikasi dan validasi DTKS dari pemerintah nagari,” katanya.

Ia mengakui perubahan DTKS ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, ada warga yang meninggal atau pindah kondisi perekonomian keluarga tersebut sudah membaik sehingga keluarga tersebut tidak layak lagi menerima bantuan, dan faktor lainnya.

DTKS ini merupakan data dasar dalam menetapkan warga yang nantinya bisa menerima bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran (PBI), Sembako dan lainnya.

Bagi warga yang akan mendaftar atau masuk kedalam DTKS ini harus terlebih dahulu mengajukan melalui pemerintah nagari setempat.

Setelah itu diusulkan ke Kementerian Sosial Republik Indonesia menggunakan surat pengantar dari bupati. Artinya atas nama bupati yang mengusulkan DTKS dan menetapkan Mentri Sosial.

“Dinas Sosial hanya bersifat menerima data usulan dari pemerintah nagari, bukan menetapkan siapa yang bisa masuk atau tidaknya ke dalam DTKS,” katanya.

Sebelumnya sebanyak 267.033 jiwa dari 83.505 kepala keluarga di daerah masuk DTKS. (rdr/ant)

Exit mobile version