Layanan Kesehatan di Agam Terus Bertambah

Di Kabupaten Agam tercatat sebanyak 23 Puskesmas dan 144 Pustu yang tersebar di 16 kecamatan

Seorang petugas BPJS Kesehatan Cabang Solok siap melayani layanan daring di masa PPKM Darurat.

LUBUK BASUNG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam terus berupaya memperluas jangkauan layanan kesehatan dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat setempat.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Kabupaten Agam, Muhammad Iswon mengatakan, perluasan jangkauan kesehatan itu dengan menyediakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di wilayah tersebut.

“Di Kabupaten Agam tercatat sebanyak 23 Puskesmas dan 144 Pustu yang tersebar di 16 kecamatan,” katanya.

Ia mengatakan 23 Puskesmas ini telah terakreditasi. Sedangkan Pustu di Agam terus terjadi peningkatan jumlah dari yang awalnya hanya 142 Pustu menjadi menjadi 144 Pustu.

Dua Pustu tambahan tersebut berlokasi di Tompek, Nagari Salareh Aia Utara, Kecamatan Palembayan dan Pustu Aia Tabik, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek.

Peningkatan jumlah fasilitas kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Agam.

“Dengan adanya 23 Puskesmas dan 144 Pustu yang tersebar di seluruh Agam, kami berharap dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau masyarakat, terutama yang berada di daerah-daerah terpencil,” katanya.

Dinkes Kabupaten Agam, katanya, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna mencegah penyakit lebih dini.

Dengan meningkatnya jumlah fasilitas kesehatan ini, ia berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia secara maksimal.

“Diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Agam, serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target universal health care bagi seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya. (rdr/ant)

Exit mobile version