Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Bukittinggi, BMKG: Jangan Panik

Ilustrasi gempa. (Istockphoto/Petrovich9)

Ilustrasi gempa. (Istockphoto/Petrovich9)

BUKITTINGGI, RADARSUMBAR.COM – Masyarakat Bukittinggi dan sekitarnya dikejutkan dengan gempa magnitudo 3,4 yang dilaporkan terjadi pada Jumat (9/8/2024) malam sekitar pukul 21.18 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 0,18 derajat lintang selatan (LS) dan 100,45 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 kilometer Timur Laut Bukittinggi pada kedalaman lima kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas sesar Sianok,” Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi.

Gempa bumi ini, katanya, berdampak dan dirasakan di daerah Bukittinggi dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Hingga pukul 21.27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Ia meminta masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” katanya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), laman bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (rdr)

Exit mobile version