Profil Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arni, Duo Srikandi Cabup-Cawabup Dharmasraya

Pasangan ini didukung oleh hampir seluruh parpol parlemen di DPRD Kabupaten Dharmasraya.

Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani-Leli Arni. (Foto: Dok. Tim #CacaTaruih)

Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani-Leli Arni. (Foto: Dok. Tim #CacaTaruih)

PULAU PUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Duo srikandi asal Kabupaten Dharmasraya, Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arni menjadi satu-satunya pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) di daerah tersebut pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini.

Tidak tanggung-tanggung, pasangan ini didukung oleh hampir seluruh partai politik (Parpol) parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dharmasraya.

Aliansi politik besar diberikan kepada pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) di Pilkada 2024 itu membuktikan bahwa Dharmasraya membutuhkan akselerasi pembangunan serta program besar Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi tersebut.

“Untuk membangun Kabupaten Dharmasraya, jelas membutuhkan dukungan dari pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat. Bukan soal mengesampingkan semangat kemandirian daerah,” katanya beberapa waktu lalu.

Sejatinya, perempuan yang akrab disapa Caca ini bukan orang sembarangan dan baru di dunia perpolitikan Indonesia.

Anak dari eks Bupati Dharmasraya, Marlon Martua Datuak Rangkayo Mulia dan Rafneli Raki ini menempuh pendidikan di Universitas Indonesia (UI) dari tahun 2008 hingga 2012 hingga lulus menjadi Sarjana Hukum.

Caca kemudian melanjutkan pendidikan Magister Hukum di Columbia University di New York, Amerika Serikat pada Agustus 2021 dan lulus pada Mei 2022.

Agar ilmu hukumnya semakin matang dan terus berguna, Annisa kemudian mengikuti ujian Advokat tahun 2017 dan terdaftar tahun 2018 serta mengimplementasikan pelajaran yang ia terima dengan bergabung di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Riau dari tahun 2013 hingga sekarang.

Caca pernah menjabat sebagai Managing Associate di Melli Darsa and Co, sebuah Firma Hukum anggota jaringan global PwC di Jakarta.

Kemudian menjadi Staf Khusus Komisi IX yang mencakup perbankan dan layanan keuangan selama satu tahun dari Januari 2017 ke Januari 2018. Selanjutnya, Staf Khusus Ketua DPR RI dari Januari 2018 hingga Agustus 2019.

Sementara itu, pasangannya di Pilbup Dharmasraya, Leli Arni juga bukan orang sembarangan dan wajah baru.

Leli Arni pernah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) periode 2019-2024 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pada periode 2024-2029, ia mencoba peruntungan dengan ikut bertarung di Pileg DPR RI, namun kalah suara.

Sebelum terjun ke politik, Leli Arni merupakan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Dharmasraya dari tahun 2016 hingga 2018.

Leli merupakan perempuan kelahiran Koto Baru tanggal 17 April 1958. Ia menempuh pendidikan di SD Ampang Kuranji pada tahun 1970, kemudian PGA Muhammadiyah Solok (1975), PGAN Padang (1977), KPG Jambi (1979), D II Universitas Terbuka (1995), S1 STKIP Bangko (1995) dan S2 Universitas Andalas (2012).

Ia patut disebut-sebut sebagai salah satu pelopor pemekaran Dharmasraya menjadi Kabupaten setelah sebelumnya bergabung dengan Sijunjung. (rdr)

Exit mobile version