Baznas Padang Panjang Salurkan Rp288 Juta ke Mustahik, Ini Rincian dan Sebarannya

Fadly berharap bantuan zakat yang diterima bisa dimaksimalkan dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan nantinya mampu menyalurkan zakatnya atau menjadi muzaki.

Baznas Padang Panjang salurkan zakat Rp288 juta kepada Mustahik. (Foto: Dok. Istimewa)

Baznas Padang Panjang salurkan zakat Rp288 juta kepada Mustahik. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG PANJANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 143 mustahik menerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang.

Total zakat yang disalurkan Rp288 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, Selasa di Masjid Tauhid Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Fadly Amran mengapresiasi Baznas Kota Padang Panjang yang tepat sasaran dalam menyalurkan zakat, melalui berbagai program zakat yang ada dan ungkapan terima kasih kepada muzaki yang sebagian besar berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha dan masyarakat Kota Padang Panjang yang telah menyalurkan zakatnya ke Baznas.

“Program zakat Padang Panjang Cerdas telah membantu anak-anak yang kesulitan biaya sekolah ke jenjang perguruan tingggi. Kita berdoa mereka yang telah berkuliah ini nantinya bisa menaikkan martabat keluarganya, menjadi pemimpin-pemimpin,” katanya Selasa (19/9/2023).

Kepada penerima zakat program Padang Panjang Makmur, Wali Kota Fadly berharap bantuan zakat yang diterima bisa dimaksimalkan dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan nantinya mampu menyalurkan zakatnya atau menjadi muzaki.

Ketua Baznas Padang Panjang, Syamsuarni mengatakan, penyaluran program zakat terbanyak pada program zakat Padang Panjang Cerdas (bidang Pendidikan) dan program zakat Padang Panjang Makmur (bidang usaha).

“Inilah keistimewaan di Padang Panjang yang berbeda dengan daerah lainnya, hanya Padang Panjang yang menyalurkan zakat untuk pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Tidak ada di daerah lain,” katanya.

Ia menjelaskan, bantuan zakat yang didapat mustahik untuk pendidikan di daerah lain, hanya dari Baznas Provinsi dengan melewati seleksi yang cukup ketat.

“Di Baznas Padang Panjang zakat untuk pendidikan bisa diperoleh dengan nominal belasan juta satu orang. Sedangkan Baznas Provinsi sekitar Rp2 juta untuk satu orang,” ucap Syamsuarni.

Menurutnya, hal tersebut patut disyukuri karena hal ini bisa terjadi berkat para muzaki dan dorongan Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang.

“Perkiraannya saat ini sudah 1.400 orang yang mendapatkan zakat program Padang Panjang Cerdas, nominalnya kurang lebih Rp2 miliar. Anak-anak yang bersekolah telah melanjutkan kuliah hingga ke luar negeri. Di antaranya ke Mesir,” katanya.

Total zakat yang disalurkan Baznas Kota Padang Panjang, yakni sebesar Rp288 juta, terdiri dari program zakat Padang Panjang Makmur Rp200 juta untuk 96 mustahik.

Kemudian, Program zakat Padang Panjang Cerdas Rp74.750.000 untuk 38 mustahik, Program zakat Padang Panjang Sehat Rp10.200.000 untuk tujuh mustahik dan Program zakat Padang Panjang Peduli Rp2 juta untuk dua mustahik. (rdr/ant)

Exit mobile version