Masyarakat Kurang Mampu Padang Panjang Terima Cadangan Beras, Ini Sebarannya

Bantuan yang diberikan adalah beras dengan kualitas medium sebanyak 10 kilogram.

Ilustrasi beras. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa)

PADANG PANJANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 298 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Padang Panjang menerima bantuan cadangan beras pemerintah tahap II.

Rincinya, beras diserahkan kepada 50 KPM di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Padang Panjang Barat, 173 KPM di Kelurahan Koto Panjang dan 75 KPM di Kelurahan Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padang Panjang, Ade Nefrita Anas mengatakan, sasaran penerima bantuan berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) dan ditetapkan langsung oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) dengan jumlah penerima bantuan tahap II sebanyak 2.212 KPM yang tersebar di dua kecamatan.

“Bantuan yang diberikan adalah beras dengan kualitas medium sebanyak 10 kilogram. Dengan adanya bantuan ini semoga bisa mengurangi pengeluaran masyarakat penerima bantuan dan juga bisa membantu mengendalikan harga beras di pasaran,” katanya, Senin (25/9/2023).

Ia menjelaskan, penyaluran beras tersebut dilakukan di masing-masing kelurahan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Kota Padang Panjang dan berlangsung selama tiga hari.

“Penyaluran bantuan ini merupakan penyaluran bantuan tahap II dari Pemerintah Pusat melalui Bapanas untuk periode September-November 2023. Tujuan pemberian bantuan pangan ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya selama tiga bulan ke depan,” katanya.

Ade mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bagian penting dalam penanganan inflasi akibat dari El Nino.

Beberapa negara pengimpor yang juga menutup akses ekspor beras sehingga menyebabkan kenaikan harga beras di pasaran.

“Padang Panjang dalam tiga minggu terakhir ini tren-nya terus mengalami kenaikan,” katanya.

Untuk memantau penyaluran beras, Kadispangtan meninjau langsung kegiTan tersebut didampingi Executive Manager PT Pos Indonesia Cabang Padang Panjang, Puti Kumala Dewi, Lurah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabin Kamtibmas) setempat. (rdr/ant)

Exit mobile version