Penuhi Makanan Layak bagi Napi, Rutan Padangpanjang Kini Punya Dapur Sehat Percontohan

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sumbar Muhammad Ali Syeh Banna didampingi Kalapas Rupajang Auliya Fahmi, mengecek menu makanan warga binaan di dapur sehat Rupajang. (ANTARA/ Isril)

PADANGPANJANG, RADARSUMBAR.COM – Kehadiran Dapur Sehat Rumah Tahanan Negara, adalah untuk memenuhi hak dan untuk mendapatkan makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi bagi tahanan, warga binaan dan narapidana, seperti yang diamanatkan Permenkumham Nomor 40 Tahun 2017.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat Muhammad Ali Syeh Banna, Kamis (7/12/2023) meresmikan Dapur Sehat Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Padangpanjang.

“Peresmian dapur sehat ini merupakan tindak lanjut atas imbauan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga yang mengintruksikan agar Kepala kanwil (Kakanwil) Kemenkumham di seluruh Indonesia dapat segera meresmikan satu Dapur Sehat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagai Dapur Percontohan layanan makanan sesuai standar kesehatan,” kata Muhammad Ali Syeh Banna.

Menurut dia, hal ini sebagai upaya guna memotivasi UPT Pemasyarakatan dalam penyelenggaraan layanan makanan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar lebih baik lagi.

“Dengan adanya dapur ini, penempatan bahan makanan dapat lebih terpetakan sehingga pendistribusian makanan bisa lebih terjamin, kualitas makanan juga akan lebih terjaga,” kata dia.

Ia berharap dengan telah memenuhi kadar dan kualitas terbaik, baik dari segi kebersihan dan mutunya, setelah peresmian dapur sehat percontohan ini rutan kelas IIB Padangpanjang, kedepan harus menjaga mutu dan kualitas makanan serta minuman bagi warga binaan.

“Bukan hanya dapurnya saja yang sehat dan memiliki sertifikat laik higienis tetapi termasuk juga para petugas yang menjadi penanggungjawab dapur telah memilik sertifikat penjamah makanan dan bahan-bahannya dimulai dari bahan mentah hingga sampai ke hidangan diolah dengan sangat baik. Jadi semua telah memenuhi kadar dan kualitas terbaik, baik dari segi kebersihan dan mutunya,” sebut Kadivpas.

Sementara itu Kepala Rupajang Aulia Fahmi menyebutkan, dengan adanya dapur sehat tersebut selain untuk meningkatkan pemenuhan makanan sehat bagi warga binaan juga mempermudah para petugas dalam kegiatan mengolah bahan makanan menjadi makanan siap saji yang lebih baik, teratur dan terjaga.

Peresmian dapur sehat percontohan Rutan Padangpanjang ini secara simbolis ditandai dengan penggunting pita oleh Kadivpas Muhammad Ali Syeh Banna, disaksikan seluruh jajaran dan.dihadiri jajaran Divisi Pas Kanwil Sumbar serta seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Padangpanjang. (rdr/ant)

Exit mobile version