Siram Jalan Terdampak Abu Marapi, Mesin Portabel Mobil Damkar Padang Panjang Alami Korsleting

Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Jumat (5/1/2024) sore sekitar pukul 15.00 WIB di kawasan Pasar Usang.

Tangkapan layar insiden kebakaran mesin portable pemompa air milik Damkar Padang Panjang pada Jumat (5/1/2024) sore. (Foto: Dok. Warganet)

Tangkapan layar insiden kebakaran mesin portable pemompa air milik Damkar Padang Panjang pada Jumat (5/1/2024) sore. (Foto: Dok. Warganet)

PADANG PANJANG, RADARSUMBAR.COMMesin portabel pemompa air milik Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Panjang mengalami insiden korsleting dan mengeluarkan percikan api.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Jumat (5/1/2024) sore sekitar pukul 15.00 WIB di kawasan Pasar Usang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar).

Insiden terbakarnya mesin portabel tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Damkar Kota Padang Panjang, Jhon Eriko Datuak Rajo Endah.

“Jadi pada saat kejadian, kami sedang melakukan penyemprotan di kawasan terdampak abu erupsi Gunung Marapi, (penyemprotan) itu dilakukan di kawasan prioritas atau jalan protokol,” kata Jhon Eriko kepada Radarsumbar.com via panggilan WhatsApp.

Jhon Eriko mengatakan, percikan api keluar dari mesin portabel saat petugas hendak memompa air untuk menyiram jalan terdampak abu erupsi Marapi.

“Mesin itu bisa dipindahkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dan itu berfungsi untuk memompa air, pada saat kejadian itu posisinya di atas bak air,” katanya.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan pihaknya bisa dengan cepat mengatasi percikan api dari mesin portabel tersebut.

“Beruntung juga tadi saat penyiraman, kami dibantu juga oleh kondisi yang hujan di Kota Padang Panjang. Penyiraman ini kami lakukan ketika abu erupsi Gunung Marapi muncul, jadi kami siaga dan terjun kapanpun,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version