Padang Masuki Musim Pancaroba, Nelayan Diminta Hati-hati saat Melaut

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi. (Foto: Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Cuaca di Padang berfluktuasi. Memasuki musim pancaroba, cuaca terkadang hujan, sesekali panas terik. Akibatnya, banyak nelayan yang urung melaut.

Namun begitu, sejumlah nelayan tetap memilih melaut. Agar periuk di dapur tidak berhenti memasak. Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada nelayan untuk berhati-hati saat menangkap ikan di laut.

“Kamu tentunya berharap nelayan menjaga keselamatan dirinya di saat cuaca tak bersahabat di laut,” ungkap Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Alfiadi, Jumat (23/2/2024).

Diakuinya, jumlah ikan semakin banyak ketika musim penghujan. Saat musim penghujan itulah waktu yang tepat bagi nelayan untuk menangkap ikan.

“Ikan itu lebih banyak saat musim penghujan,” jelasnya.

Alfiadi berharap nelayan untuk membekali diri dengan baik saat pergi menangkap ikan di laut. Alat keselamatan diri tetap dibawa. Termasuk makanan dan minuman secukupnya.

Sisi lain, Alfiadi menyebutkan, tingkat konsumsi makan ikan bagi warga Kota Padang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

“Pada tahun 2021 angka konsumsi ikan warga Kota Padang sebanyak 41,23 kg per kapita. Kemudian di tahun 2022 naik menjadi 43,25 kg per kapita dan di tahun 2023 naik lagi menjadi 45,58 kg per kapita,” ulasnya. (rdr/mc)

Exit mobile version