46 Lokasi Balimau di Padang, Polisi-Satpol PP Kerahkan 703 Personel

Kami kerahkan dan sebar personel ke titik-titik yang menjadi lokasi masyarakat melaksanakan Balimau.

Tradisi balimau di Padang. (Dok. Istimewa)

Tradisi balimau di Padang. (Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengerahkan 403 personel hingga ke tingkat Kepolisian Sektor (Polsek) untuk melakukan pengamanan kepada masyarakat yang hendak melaksanakan tradisi ‘Balimau’ (bersuci menjelang ibadah Ramadan).

Kapolresta Padang, Kombes Ferry Harahap mengatakan, 403 personel itu dikerahkan ke 46 titik yang menjadi lokasi pemandian bagi masyarakat yang hendak melaksanakan tradisi Balimau.

“Kami kerahkan dan sebar personel ke titik-titik yang menjadi lokasi masyarakat melaksanakan Balimau,” kata Ferry usai memimpin apel pengamanan Balimau di lapangan apel Polresta Padang, Minggu (10/3/2024) siang.

Ferry mengatakan, pihaknya ingin menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan Balimau agar tak timbul korban jiwa.

Terlebih, katanya, Kota Padang dan sekitarnya menjadi kawasan terdampak parah banjir bandang. “Sehingga kami dapat mengantisipasi sewaktu-waktu ketika terjadi perubahan cuaca secara signifikan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Padang, Chandra Eka Putra mengatakan, pihaknya juga mengerahkan kekuatan besar jajarannya untuk mengamankan tradisi Balimau.

Pengamanan dilakukan dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di wilayah Kota Padang selama kegiatan tradisi Balimau.

“Pengamanan tradisi Balimau ini dilaksanakan menjelang bulan Ramadan 1445 Hijriah, dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga selesai. Anggota kami tempatkan di tempat-tempat wisata pemandian yang di kunjungi masyarakat, seperti Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan, Pemandian Lubuk Minturun Kecamatan Kuranji, Pantai Padang dan tempat-tempat pemandian lainnya yang banyak di kunjungi masyarakat di 11 Kecamatan,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Kota Padang yang akan mengunjungi objek wisata pemandian dalam rangka kegiatan tradisi Balimau agar meningkatkan keamanan dan kewaspadaan terhadap diri pribadi, keluarga dan anak-anaknya.

“Kami harap masyarakat juga mematuhi imbauan yang diberikan petugas di lapangan nantinya, apabila ada hal-hal mencurigakan segera laporkan kepada petugas yang ada di lapangan atau menghubungi Call Center Pelayanan Darurat di Padang Command Center 112,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version