Terungkap! Ini Alasan Lomba Makan Bajamba jadi Salah Satu Rangkaian HJK Padang ke-355 Tahun

Festival Makan Bajamba dalam rangka Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun. (Foto: Dok. Prokopim)

Festival Makan Bajamba dalam rangka Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Lomba Festival Makan Bajamba yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kota (HJK) ke-355 Kota Padang, secara resmi dibuka Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Sabtu (3/8/2024) siang.

Lomba Festival Makan Bajamba ini katanya, diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan baik lokal atau mancanegara terutama di bidang budaya dan kuliner.

“HJK Padang ini selain menjadi momen bagi kami untuk selalu mempererat silaturahmi, juga kami gunakan untuk melestarikan nilai-nilai adat dan budaya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Padang, Yudi Indra Syani mengatakan, lomba Festival Makan Bajamba diikuti oleh 11 kecamatan di Kota Padang.

Masing-masing kecamatan menyuguhkan lima jamba dengan ciri khas menu autentik dari kecamatannya.

“Misalnya dari Kecamatan Bungus, khasnya menu kapalo lauak. Tidak hanya menu makanan, ada juga menu-menu pendamping yang juga disajikan berdasarkan ciri khas kecamatannya masing-masing. Dari lima jamba itu, tiga jamba kami serahkan untuk wisatawan yang ada di Kota Padang,” katanya.

Ia berharap Festival ini akan menjadi ajang promosi budaya bisa menjadi salah satu penarik wisatawan untuk datang ke kota Padang.

“Sebab dalam makan bajamba dihadirkan makanan tradisional sekaligus makan dengan cara tradisionalnya,” katanya.

Pada Sabtu ini, Pemko Padang menggelar beragam kegiatan di kawasan Youth Center dan RTH Imam Bonjol.

Seperti, lomba mewarnai tingkat peserta didik Taman Kanak-kanak (TK), makan bajamba, tampilan seni hologram 3D, art therapy dan pameran lukisan Siti Nurbaya.

Kemudian, lomba ayam kukuak balenggek dan pameran ayam hias serta penampilan seni live performance. (rdr)

Exit mobile version