Kesenian Tradisi dan Budaya Minangkabau Semarakkan Festival Siti Nurbaya 2024

Penampilan kesenian tradisi meriahkan Festival Siti Nurbaya 2024 di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Siti Nurbaya Tahun 2024, event ‘Padang Youth Creative Festival’ menyuguhkan hiburan menarik bagi warga Kota Padang.

Kegiatan yang menampilkan berbagai kesenian tradisi dan budaya Minangkabau ini, berlangsung di samping Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Sabtu (3/8/2024) malam.

Penampilan pertama diawali oleh Tim Kesenian Sanggar Palito Hati yang menyajikan kesenian tradisi Sumarak Galanggang Nagari. Selanjutnya disusul aksi nyanyian dan teatrikal nan estetik dari Komunitas Mahoni yang memadukan alat musik modern dengan musik tradisi.

Sebagai penutup yakni penampilan artis Minang Rhenima yang dikenal sebagai pelantun tembang Kadang Antahlah Tapi Baalah itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar hadir menyaksikan kegiatan, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Padang Youth Creative Festival.

“Alhamdulillah, saya sangat senang sekali menyaksikan berbagai event yang digelar dalam alek Festival Siti Nurbaya tahun ini. Salah satunya Padang Youth Creative Festival. Semua event yang digelar sejatinya untuk memberikan hiburan bagi warga Kota Padang di tengah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-355,” ujar Pj Wali Kota didampingi Pj Sekda Yosefriawan.

Senada dengan itu, Pj Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar memuji penampilan dari berbagai seniman dalam gelaran Padang Youth Creative Festival.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani menyebutkan, gelaran Padang Youth Creative Festival merupakan salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan dalam Festival Siti Nurbaya yang berlangsung selama 2-6 Agustus 2024.

“Festival Siti Nurbaya tahun ini mengusung tema 135 Tahun Sastrawan Marah Roesli (penulis novel Siti Nurbaya). Semua kegiatan kita pusatkan di Bagindo Aziz Chan Youth Center,” katanya.

Yudi menjelaskan, rangkaian kegiatan pada Festival Siti Nurbaya terdiri dari Padang Trail Running Napak Tilas Siti Nurbaya yang telah dilakukan pada 27 Juli 2024 lalu. Kemudian ada Lomba Fashion Show Siti Nurbaya, Art Therapy dan Pameran Lukisan Siti Nurbaya, serta Nonton Bareng Film Siti Nurbaya dan Seminar Bedah Karya Novel Siti Nurbaya.

“Selain itu Padang Youth Creative Festival, Lomba Makan Bajamba Antar 11 Kecamatan, Lomba Mewarnai Tingkat TK serta Lomba Ayam Kukuak Balenggek dan Pameran Ayam Hias. Lalu Lomba Solo Song, Tampilan Seni Hologram 3D Tentang Siti Nurbaya dan ditutup Pawai Telong-Telong pada 6 Agustus 2024. Semua kegiatan dibuka untuk umum,” ulasnya. (rdr)

Exit mobile version