Sidak Parsel Lebaran, BBPOM di Padang Temukan Minuman Kedaluwarsa

Wali Kota Padang, Hendri Septa ikut dalam inspeksi mendadak ke sejumlah swalayan bersama BBPOM di Padang. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, Sumatera Barat melakukan inspeksi mendadak pada sejumlah swalayan yang menyediakan paket parsel untuk memastikan produk tersebut laik konsumsi.

Koordinator Pemeriksaan BBPOM di Padang, Armawati Anwar di Padang, Sabtu menyebut pihaknya bersama Pemko Padang menginspeksi sejumlah swalayan di Jalan Pondok dan Jalan Niaga Kecamatan Padang Barat.

Dalam sidak tersebut, tim menemukan satu minuman kemasan yang terindikasi sudah kedaluwarsa yang langsung disita.

“Kita minta masyarakat untuk berhati-hati dalam menerima, atau membeli paket parsel. Terutama minuman kaleng atau kemasan. Agar diperhatikan betul tanggal kadaluwarsanya. Pihak toko juga jangan sampai menjual produk yang sudah kedaluwarsa,” katanya.

Ia menyebut menjelang Lebaran, banyak swalayan yang menyediakan parsel berupa makanan dan minuman yang dikemas dalam satu wadah dan dibungkus dalam kemasan plastik transparan.

Kemasan tersebut membuat konsumen agak kesulitan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa produk.

Sementara itu Wali Kota Padang, Hendri Septa yang ikut dalam pemeriksaan itu menyebut sebagian besar produk makanan dan minuman yang disediakan aman. Tidak ditemukan indikasi mendekati atau sudah kedaluwarsa, selain satu produk minuman kaleng yang telah disita petugas.

Namun ada beberapa produk makanan seperti kue basah yang ditemukan tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa. BBPOM dan Dinkes segera menyurati toko bersangkutan agar memperhatikan hal tersebut.

“Ke depan hingga Lebaran, kita akan terus melakukan pengawasan terhadap paket makanan dan minuman yang ada di dalam parsel. Ini semua demi keamanan kita saat Lebaran, jangan sampai ada yang sakit karena konsumsi produk kedaluwarsa,” katanya.

Ikut dalam inspeksi itu Kadis Kesehatan Sri Kurnia Yati dan Kadis Perdagangan Sahendri Barkah. (rdr/ant)

Exit mobile version