Festival Cerita HJK Padang, Berikut Daftar Pemenangnya

Penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Video Pendek Padang Dalam Catatan dan Fakta Sejarah. (Foto: Dok. Prokopim)

Penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Video Pendek Padang Dalam Catatan dan Fakta Sejarah. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Andree Harmadi Algamar menghadiri puncak Festival Cerita yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Padang di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Selasa (6/8/2024) siang.

Kegiatan puncak Festival Cerita ini menyuguhkan penampilan dari pemenang lomba bertutur Tingkat SD-MI dan lomba video pendek Padang dalam Catatan dan Fakta Sejarah serta peluncuran Buku Padang Bercerita.

Andree Algamar mengatakan, Festival Cerita diadakan oleh Dispusip Kota Padang dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) ke-355 tahun.

Festival ini bertujuan untuk menghidupkan literasi serta mewujudkan Kota Padang yang peduli dengan sejarah, budaya, pendidikan, dan teknologi.

“Kami berharap melalui festival ini dapat memberikan sarana bagi masyarakat untuk menuangkan ide, dan gagasannya dalam bentuk tulisan serta membantu mempromosikan Kota Padang dalam format tiga dimensi, audio, visual, dan audio visual,” katanya.

Kepala Dispusip Kota Padang, Feri Mulyani Hamid mengatakan, melalui kegiatan Festival Cerita ini terkumpul video pendek sebanyak 49 video.

“Kemudian terciptanya karya buku dari lima penulis asal Minang yang tertuang pada buku Padang Bercerita, dan 100 Opini tentang Kota Padang hasil karya Pustakawan, penggiat literasi dan mahasiswa,” kata perempuan yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang ini.

Puncak Festival Cerita ini ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Video Pendek Padang Dalam Catatan dan Fakta Sejarah dan peluncuran buku Padang Bercerita oleh Pj Wali Kota Padang.

Adapun pemenang lomba video pendek; Juara I diraih oleh Komunitas Film @salingka.cinema dengan judul video Jejak Tabuik di Kota Padang.

Juara II diraih oleh Idris Efendi (@efendi.idris) dengan judul video Gedung Joang 45.

Kemudian juara III Rahmat Irfan Denas (@rahmatdenas) dengan judul video Sejarah Gedung De Javasche. (rdr)

Exit mobile version