Pawai Telong-telong Tutup Kemeriahan Festival Siti Nurbaya 2024

Pawai Telong-telong menutup rangkaian kegiatan Festival Siti Nurbaya Tahun 2024 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun, Selasa (6/8/2024) malam. (Foto: Dok. Prokopim)

Pawai Telong-telong menutup rangkaian kegiatan Festival Siti Nurbaya Tahun 2024 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun, Selasa (6/8/2024) malam. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pawai Telong-telong menutup rangkaian kegiatan Festival Siti Nurbaya Tahun 2024 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun di depan Kantor Balai Kota Lama, Selasa (6/8/2024) malam.

Selain utusan 11 kecamatan, peserta Pawai Telong-telong juga diikuti dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Padang.

Masing-masingnya saling menampilkan kreasi dalam arak-arakan dengan menggunakan atribut simbol perjuangan, seni budaya dan potensi daerah.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar mengatakan, pawai Telong-telong rutin digelar Pemerintah Kota (Pemko) setiap momentum perayaan HJK yang jatuh pada 7 Agustus.

“Kegiatan ini dilakukan setiap 6 Agustus malam, untuk mengingatkan kembali sejarah keberhasilan masyarakat Kota Padang dalam menduduki loji Belanda di Muaro Padang pada 355 tahun lalu,” katanya.

Andree Harmadi Algamar juga mengajak warga Kota Padang selalu menghargai dan membalas jasa para pahlawan yang telah berjasa besar bagi bangsa dan negara.

“Cara membalas pengorbanan para pahlawan tentu dengan mewarisi kemerdekaan melalui pembangunan, prestasi dan hal-hal positif lainnya. Mari kita saling bersinergi dan berkolaborasi untuk kemajuan Kota Padang yang kita cintai ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Padang, Yudi Indra Syani mengatakan, Festival Siti Nurbaya tahun ini mengusung tema 135 tahun Sastrawan Marah Roesli yang merupakan penulis novel Siti Nurbaya.

“Alhamdulillah, semua rangkaian kegiatan yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 Agustus 2024 berjalan dengan sukses dan meriah,” katanya.

Yudi menjelaskan, rangkaian kegiatan pada Festival Siti Nurbaya 2024 terdiri dari Padang Trail Running Napak Tilas Siti Nurbaya, Lomba Fashion Show Siti Nurbaya, Art Therapy dan Pameran Lukisan Siti Nurbaya, serta Nonton Bareng Film Siti Nurbaya dan Seminar Bedah Karya Novel Siti Nurbaya.

“Selain itu, kami juga menggelar Padang Youth Creative Festival, Lomba Makan Bajamba Antar 11 Kecamatan, Lomba Mewarnai Tingkat TK serta Lomba Ayam Kukuak Balenggek dan Pameran Ayam Hias. Lalu Lomba Solo Song, Tampilan Seni Hologram 3D Tentang Siti Nurbaya dan ditutup Pawai Telong-Telong pada malam ini,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version