Momen Pj Wako Padang Ziarah ke Makam Abu Bakar Jaar

Pj Wako Andree Harmadi Algamar meletakkan karangan bunga di makam Wali Kota Padang pertama, Abu Bakar Jaar pada Jumat (9/8/2024) siang. (Foto: Dok. Prokopim)

Pj Wako Andree Harmadi Algamar meletakkan karangan bunga di makam Wali Kota Padang pertama, Abu Bakar Jaar pada Jumat (9/8/2024) siang. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Penjabat Wali Kota (Pj Wako), Andree Harmadi Algamar bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang ziarah ke makam Wali Kota Padang pertama, Abu Bakar Jaar, di Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Jumat (9/8/2024) siang.

Pj Wali Kota Padang memimpin penghormatan di makam Wali Kota Padang Abu Bakar Jaar yang dilanjutkan dengan doa bersama serta peletakan karangan bunga yang ditutup dengan tabur bunga.

Andree Harmadi Algamar mengatakan, Abu Bakar Jaar merupakan Wali Kota Padang pertama pasca Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ia menjabat sebagai Wali Kota Padang dari 1945 hingga 1946. Abu Bakar Jaar lahir pada 29 November 1889 dan meninggal pada 22 Maret 1985 di usia 96 tahun.

Ziarah yang kami lakukan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan dari Pemko Padang atas jasa dan perjuangan almarhum untuk Kota Padang,” katanya.

Ziarah kali ini, katanya, merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 tahun yang berlangsung hingga 13 Agustus 2024.

“Pada momen HJK Padang ini, kami ingin mengenang kembali sosok Abu Bakar Jaar yang telah berjasa besar bagi Kota Padang. Kami ingin menjadikan perjuangan beliau sebagai suri tauladan untuk generasi, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga Kota Padang,” katanya.

Sementara itu, mewakili Keluarga Besar Almarhum, Mohammad Roem mengucapkan terima kasih kepada Pemko Padang yang telah menziarahi makam Abu Bakar Jaar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pj Wali Kota Padang beserta jajaran yang telah datang ke makam ini. Ziarah ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Pemko Padang,” imbuh Mohammad Roem. (rdr)

Exit mobile version