Pesantren Ramadan 1445 Hijriah di Padang Diklaim Sukses

Pesantren Ramadan ini telah dilaksanakan selama 20 tahun.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengeklaim bahwa Pesantren Ramadan 1445 Hijriah berjalan lancar dan sukses. (Foto: Dok. Prokopim)

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengeklaim bahwa Pesantren Ramadan 1445 Hijriah berjalan lancar dan sukses. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COMWali Kota Padang, Hendri septa menutup secara resmi pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1445 Hijriah se-Kota Padang di Masjid Darussalam, Kelurahan Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Jumat (5/4/2024) siang.

Hendri Septa menyampaikan rasa syukur pelaksanaan Pesantren Ramadan yang berlangsung selama 20 hari dari tanggal 14 Maret-5 April berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala yang berarti.

“Alhamdulillah, pelaksanaan Pesantren Ramadan berjalan dengan lancar. Pesantren Ramadan ini telah dilaksanakan selama 20 tahun. Ini kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan pengganti pendidikan formal di sekolah, yang kami laksanakan di masjid dan musala se-Kota Padang,” katanya.

Hendri Septa mengatakan, Pesantren Ramadan yang dilaksanakan sejalan dengan peringatan yang terkandung dalam Surah An-Nisa ayat 9 yang berbunyi, “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraannya)”.

“Melalui Pesantren Ramadan ini kami ingin membekali anak-anak kita sejak dini dengan ilmu agama Islam, sehingga ketika mereka sudah dewasa nanti mereka sudah punya bekal untuk melindungi diri dari maksiat,” kata Wali Kota Padang tersebut didampingi Camat Koto Tangah Fizlan Setiawan.

Sementara itu, salah seorang peserta Pesantren Ramadan, Berliani Azzura menyampaikan kesannya kepada Wali Kota Padang terhadap program pesantren Ramadhan yang berlangsung.

“Kami sangat senang dengan adanya program Pesantren Ramadan. Hafalan Al-Quran kami meningkat, kemudian juga melatih mental untuk tampil ke depan,” kata Siswi MTSN 1 Padang tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Puti Aliya Arifva, Siswi SMAN 1 Padang. Ia mengatakan, dampak Pesantren Ramadan yang ia rasakan yakni jadwal lebih teratur dalam bermain dan menuntut ilmu. “Kami lebih banyak membaca Alquran ketimbang bermain gawai,” katanya.

Di akhir kegiatan, Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan bantuan hibah Pemerintah Kota Padang sebesar Rp15 juta untuk pembangunan Masjid Darussalam, yang di terima oleh Ketua Pengurus Masjid, Zulkar Zulmadi. (rdr)

Exit mobile version