Meningkatkan Tajam, Produksi Sampah di Padang Capai 935 Ton per Hari jelang Lebaran

Tumpukan sampah yang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (14/1/2023). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Ilustrasi tumpukan sampah yang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (14/1/2023). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Jelang Idul Fitri 1445 H lalu, timbulan sampah di Padang naik drastis. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, kenaikan mencapai 170 persen dari hari sebelumnya.

“Iya betul, ada kenaikan timbulan sampah menjelang Lebaran kemarin ini,” jelas Kepala DLH Padang Fadelan Frista M, Sabtu (13/4/2024).

Fadelan menuturkan, kenaikan timbulan sampah terjadi di H-3 hingga H-1 Lebaran. Ditenggarai penyebab naiknya timbulan sampah karena banyak warga yang membersihkan rumah dalam menyambut Lebaran.

“Warga membersihkan rumah dan membuang perkakas yang tidak perlu dalam menyambut Lebaran,” ujar Fadelan.

Biasanya, DLH Padang mengangkut 660 ton sampah setiap hari ke tempat pembuangan akhir (TPA) Aie Dingin. Namun empat hari sebelum Lebaran kemarin, sampah yang datang rata-rata sebanyak 935 ton sehari.

“Kami terus mengimbau warga untuk tetap menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan,” ajak Kadis LH Padang itu. (rdr/mc)

Exit mobile version