Padang Cetak Sejarah, Gelar Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi

Bendera duplikat Sang Saka Merah Putih dan teks proklamasi diarak menggunakan kereta kencana dari Balai Kota Lama menuju Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang. (Foto: Dok. Prokopim)

Bendera duplikat Sang Saka Merah Putih dan teks proklamasi diarak menggunakan kereta kencana dari Balai Kota Lama menuju Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Momen bersejarah tercipta di Kota Padang tepat sebelum Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia Tingkat Kota Padang, Sabtu (17/8/2024) siang.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, bendera duplikat Sang Saka Merah Putih dan teks proklamasi diarak menggunakan kereta kencana dari Balai Kota Lama menuju Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Padang, tempat pelaksanaan upacara.

Tim Paskibraka Kota Padang yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Salsabilla Gadis Suhendra murid SMAN 3 Padang.

Sementara yang bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Aisyah Hanum, pelajar dari SMAN 16 Padang.

Penjabat Wali Kota (Pj Wako) Padang, Andree Harmadi Algamar mengatakan, kegiatan kirab ini melibatkan personil dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kirab Bendera Merah Putih yang dilaksanakan ini merupakan bentuk penghormatan kepada sang saka Merah Putih sebelum dikibarkan pada upacara nanti. Kami berharap hal ini dapat dilaksanakan untuk upacara kemerdekaan RI di tahun berikutnya,” katanya.

Prosesi kirab ini pun menjadi penarik perhatian bagi warga di sekitar lingkungan Balai Kota Padang lama dan RTH Imam Bonjol, karena mayoritas dari warga ini belum pernah menyaksikan prosesi serupa sebelumnya di Kota Padang.

Agus salah seorang pedagang di RTH Imam Bonjol mengatakan prosesi kirab ini menarik perhatian banyak warga, dan menjadi daya tarik sebelum pelaksanaan upacara.

“Saya baru sekali ini melihat kirab bendera merah putih dan teks proklamasi. Kami ikut terharu dan semakin tertarik menyaksikan prosesi upacara bendera setelahnya,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version